Di Taksiah Zoom Nasional Asriadi Sulaiman Tegaskan Amiludin Tokoh Berprestasi

0
166
- Advertisement -

PINISI.co.id- Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Asriadi Sulaeman, M.Si. mengenang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Amiludin A, sebagai sosok yang berprestasi, pemikir dan pekerja keras. Ia pribadi yang tekun, sabar dan berprestasi telah mengantar Kabupaten Maros sebagai salah satu ikon kabuptaen terbaik dalam penerapan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. ‘ Almarhum telah berhasil selama dua tahun lebih mengantar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros menjadi contoh dan berturut-turut dua tahun mengantar Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam dan Bunda Baca Maros Hj. Ulfiah Nur Yusuf Chaidir sebagai Penerima Penghargaan Tertingggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional, 2022 dan 2023.

‘ Kami kehilangan sosok dan pribadi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Maros yang berjiwa besar membesarkan pembudayaan minat baca di Maros dan menjadi contoh bagi kabupaten dan kota di Sulsel’ Kata Asriadi Sulaeman, saat memberi Kata Pengantar pada Taksiah Zoom Nasional yang digelar GPMB Kabupaten Maros, IKA BKPRMI Maros, Dewan Pendidikan Maros dihadiri ratusan peserta dari 14 kecamatan Maros, AMTI Maros, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kab kota Sulsel, Pustakawan, Pegiat Literasi, istri almarhum Any Amiludin dan keluarga di Bau-Bau Sultra, Kendari, Aceh, Makassar, Jakarta dan dipandu Sekretaris Dewan Pendidikan Maros, Ismail Suardi Wekke, Ph.D.dari Hongkong.

Tausiah diantarkan K.H. Nurullah, S.Ag.M.Pd. pimpinan Ponpes Ulul Albab yang juga putra kelahiran Maros. K.H. Nurullah, menguraikan bagaimana jasa almarhum terutama pada bidang perpustakaan di kabupaten Maros. ‘ Atas jasa-jasa baik almarhum, maka akan menjadi bekal dan amal baiknya untuk selalu dikenang dalam perjalanan sejarah. Hanya amal baik, anak-anak shaleh yang selalu mendoakan serta ilmu yang telah diamalkan selama menjadi guru dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maros, almarhum lempang jalannya’ Papar K.H. Nurullah.

Sementara Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, atas nama keluarga dan sahabat almarhum menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Maros, A.S.Chaidir Syam dan Suhartina Bohari, Keluarga besar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros, AMTI Maros, keluarga besar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel dan para pustakawan dan pegiat literasi atas dukungannya selama almarhum di rumah sakit, wafat dan melepas ke pemakaman keluarga di Bau-Bau.

Bachtiar Adnan Kusuma, mengenang pertamakali mengenal Amiludin tatkala baru saja dilantik oleh Bupati Maros Dr. H.A.S.Chaidir Syam, S.IP.M.H.sebagai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maros. Lewat forum Perpustakaan inilah, ia mulai beriteraksi sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Selain Amiludin dikenal pendidik, pekerja keras, pemikir dan pembaca aktif, ia sosok suami dari istrinya dan ayah dari anak-anaknya yang sangat mencintai keluarganya. ‘ Dalam berbagai kesempatan kami berdua berdiskusi dan mencari jalan bagaimana agar perpustakaan kabupaten Maros terbaik di Sulsel. Jasa dan amal baik almarhum menjadi contoh dan teladan bagi kami pegiat literasi di Indonesia, khususnya Sulsel”  Kunci BAK. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here