Disdikbud Pesisir Selatan Gelar Bimtek GTK Inovasi dan Inspiratif 2023

0
470
- Advertisement -

PINISI.co.id- Bertempat di Hotel Gizela Pasar baru Bayang dari tanggal 29 Juli sampai 1 Agustus 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan melalui Bidang GTK mengadakan Bimbingan Tekhnis GTK inspiratif dan inovatif 2023. Kegiatan ini di ikuti oleh Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Administrasi terpilih di semua Jenjang Pendidikan baik TK/Paud, SD maupun SMP. Jumlah Peserta masing-masing jenjang sebanyak 40 orang dengan total Peserta sebanyak 120 orang. Peserta berasal dari GTK terpilih yang mempunyai daya saing, daya juang, dan menguasai digitalisasi pembelajaran. Hal ini di buktikan dengan peserta yang terpilih melalui cek data sebarapa buah karya aksi nyata dan sertifikat yang di peroleh dalam Platfom Merdeka Mengajar (PMM).

Guru dan tenaga kependidikan inspiratif 2023, merupakan ajang penghargaan yang di berikan kepada  guru dan tenaga kependidikan yang dianggap inspiratif dan inovatif dalam mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berdiferensial. Adapun hasil yang di peroleh dalam kegiatan ini, antara lain mempersiapkan SDM GTK Pesisir Selatan dari jenjang TK/Paud, SD dan SMP untuk mampu berkompetensi di tingkat nasional dalam ajang GTK inspiratif 2023. Mampu memberikan inspirasi dan inovasi di lingkungannya baik sesama guru, masyarakat dan proses belajar mengajar, sehingga berdampak terhadap mutu Lulusan . Hal ini juga akan mendorong Literasi dan Numerasi tingkat capaian siswa  SD dan SMP yang lemah di tahun belakang ini dapat lebih di tingkatkan.  Disisi lain Kegiatan Bintek ini akan menghasilkan GTK inspiratif dan inovatif yang mampu berkompetensi secara Nasional. Target kinerja dari bidang GTK diiharapkan guru dan Tenaga kependikan dapat mencapai tingkat nasional dalam ajang perlombaan sejenis yang di selenggarakan Kementerian Pendidikan k Kebudayaan Riset dan Tekhnologi pada tahun 2023 ini. 

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber yang mumpuni di bidangnya baik guru yang mempunyai kemampuan dan kompetensi yang sudah teruji, juga guru-guru  yang telah mengikuti ajang ini di tahun 2022. Berdasarkan Permendikbud No. 23 tahun 2021, kegiatan GTK inspiratif dan inovasi sudah dilaksanakan semenjak tahun 2022 dengan pola rekrutmen mulai dari kabupaten sampai ketingkat nasional. Adapun dalam kegiatan ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan menghadirkan Direktur Guru Dikmen,Diksus Dirjen GTK Kemendikbudristek Putra Asgar Elevri, MSi, Dr. Ikwansyah, M.Kom. Dr. Silvia Hervina, M.Pd, Berry Devanda, S.Pd.MEd. Betta Centaury ,S.Pd.M.Pd serta Gilang Dwi Nanda, S.Pd. Dengan Gaya yang Luar biasa dan low profil serta familiar dengan semua peserta.

banyak hal yang beliau sampaikan tentang pembangunan Kabupaten Pesisir Selatan dengan julukan negeri sejuta pesona ini, baik fisik terutama dalam peningkatan SDM Kabupaten Pesisir Selatan. Salah satu bentuk suprise dari beliau, panitia dan peserta diundang semua ke rumah dinas untuk acara makan malam bersama. Acara yang penuh keakraban antara guru dan sahabat guru, seperti teman lama yang saling merindukan. Semoga Pasisie rancak pendidikan tacelak. Kalau bukan sekarang kapan lagi kalau bukan guru siapa lagi. (RIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here