Di Workshop Literasi Ponpes DDI Mangkoso, Amir Uskara dan Syamril Wakafkan Bukunya

0
589
- Advertisement -

PINISI.co.id– Ketua Lembaga Pembinaan Bakat Kreativitas Santri Ponpes DDI Mangkoso, Achmad Rasyid, kembali mengisahkan perjalanan cinta Tokoh Literasi Sulawesi Selatan Bachtiar Adnan Kusuma dengan gadis pujaannya salah seorang santri putri Ponpes DDI Mangkoso, Ani Kaimuddin Mahmud.

Achmad Rasyid, adik kandung Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso AG.Prof.Dr.H.M.Faried Wadjedy, M.A.mewakili ulama kharismatik Sulsel memberikan sambutan pembukaan Workshop Literasi dan Numerasi yang digelar dalam rangka Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2021. Ratusan siswa-siswi Aliah Ponpes DDI Mangkoso dan guru-guru yang dibuka Kadis Pendidikan Kabupaten Barru Andi Adnan Azis dengan pembicara Tokoh Literasi yang juga Jubir TPLD Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma, S.Sos.M.M., Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, S.T.M.Pd. dan Akademisi UIN Alauddin Dr.Fatmawati Hilal, M.Ag.

Menurut Achmad, kisah perjalanan mempersunting santri Ponpes DDI Mangkoso pada 1995 Bachtiar Adnan Kusuma menjadi Korcam KKN Unhas Angkatan 48 yang berlokasi di kecamatan Tanete Rilau. “Kami mengundang Pak BAK memberikan pelatihan jurnalistik di depan siswi MA yang usai ujian nasional. Nah, disinilah Pak BAK jatuh cinta dengan santri Ponpes DDI Mangkoso, kemudian pada 1996 menikah dengan Ani,” kenang Achmad Rasyid. Kendati sebelumnya, aku Achmad telah mengenal BAK sebagai jurnalis majalah Estafet dan Panji Masyarakat yang selalu meliput tentang Ponpes DDI Mangkoso pada 1990.

Sementara itu, Bachtiar Adnan Kusuma menyatakan rasa bahagianya di depan peserta karena telah menjadi keluarga besar Ponpes DDI Mangkoso.

“Saya bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian keluarga DDI karena ibu anak-anak dan nenek cucu saya adalah alumni Ponpes DDI, kalaupun sejak kecil saya bercita-cita masuk pesantren, namun kandas karena faktor biaya, tapi terbayar kontan karena menikah dengan anak Ponpes DDI Mangkoso,” kenang Sekjend Asosiasi Penulis Profesional Indonesia Pusat ini.

- Advertisement -

Di ujung acara, Syamril mewakafkan buku karyanya Mendidik Ala Membahagiakan kepada guru-guru dan santri Ponpes DDI Mangkoso. Sementara buku Dr.H.M.Amir Uskara, M.Kes. Ayo Membangun Desa diterima Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso AG.Prof.Dr.H.M.Faried Wadjedy, M.A. dan Kadis Pendidikan Kab.Barru Andi Adnan Azis yang diserahkan Bachtiar Adnan Kusuma. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here