Demi Tingkatkan Kesejahteraan, Warga Cinangka Kini Punya Koperasi

0
452
- Advertisement -

PINISI.co.id-Camat Ujung Berung Abriwansyah Fitri meresmikan koperasi warga Cinangka, sekaligus menjadi anggota luar biasa pada koperasi di Cinangka Ujung Berung, Bandung, Ahad (22/1).

“Perekonomian dan kesejahteraan serta juara, hanya bisa terjadi ketika ada persatuan. Untuk itu, koperasi ini sangat diharapkan sebagai jalan mempersatukan warga melawan keterpurukan ekonomi akibat resesi,” papar Abriwansyah.

Abriwansyah menambahkan, bagi pelaku usaha yang mau menambah modal silakan menjadi anggota koperasi agar bisa dibantu sesuai kemampuan. Dia juga meminta koperasi harus menciptakan suasana yang membuat warga tertarik masuk koperasi.

Di tempat yang sama, Lurah Pasirwangi Meli Susanti mengaku salut dan siap mendukung koperasi ini. “Saya menyampaikan apresiasi setinggi tingginya, baru kali ini saya diundang untuk meresmikan koperasi,” ungkap Meli di awal sambutannya.

Meli mengatakan ini adalah titik awal kebangkitan koperasi di Pasirwangi. “Semoga menjadi percontohan gerakan ekonomi di seluruh kelurahan Pasirwangi sekaligus untuk menghindari bank emok, atau rentenir,” katanya mengingatkan.

- Advertisement -

Meli pun berharap semua warga masyarakat 05 yang berjumlah sekitar 600 orang kepala keluarga menjadi anggota koperasi demi meningkatkan perekonomian dan menjadi warga mandiri. Selain itu juga salah satu kriteria kelurahan unggul adanya koperasi di tempat ibadah.

Pada kesempatan tersebut digelar rapat anggota sekaligus memilih dan menetapkan Ketua RW Yudi Wahyudin selaku ketua didampingi Sekretaris Imam Saefulloh dan Bendahara Ani Kartini. Adapun sebagai Pengawas adalah Solihin Samad didampingi Suherlan dan Syarif .

Yudi memaparkan bahwa penguatan UMKN, dan peningkatkan kesejahteraan warga untuk menghindari jeratan rentenir menjadi motivasi terbentuknya koperasi.

Ketua RW yang energik ini memaparkan, selain koperasi ini, ada program Buruan Sae dimana semua halaman warga diharapkan dapat dijadikan lahan potensial untuk meningkatkan ekonomi warganya.

“Bayangkan kalau setiap rumah menghasilkan 1 kg kangkung saja dikallikan 600 rumah, maka kita akan dapatkan 600 kg kangkung. Tentu nya ini akan menambah penghasilan warga kita. Jika semua program program ini berjalan dengan baik, sangat terbuka koperasi warga Cinangka bisa memberangkatkan umrah anggotanya,” harapnya.

Menurut Yudi, program yang tidak kalah penting nya adalah pengelolaan sampah mandiri. Tujuannya adalah untuk meminimalisir beban pengurus kebersihan sekaligus untuk menumbuhkan kemandirian warga dan meningkatkan keimanan.Karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu seluruh Ketua Rt yakni Rt.01 mami mulya, Ketua Rt 02 Ali, Ketua rt 03 Heri dan Ketua Rt 04 Dedi lengkap dengan pemuda karang taruna. (Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here