Daeng Najamuddin Bin Lawing Berpulang di Bulan Ramadhan 1444 H Meninggalkan Kesan

0
505
- Advertisement -

1 Maret 1947- 5 April 2023

Kolom Fiam Mustamin

KESAN personal pribadi dan umum dengan kerabat di paguyuban Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.

Dengan almarhum kami intensif berkomunikasi dengan bahasa Makassarnya yang santun dari Binamo Jeneponto daerah kerajaan di Turatea.

Dua Minggu terakhir dengan mendiang hingga puasa memang tidak ada komunikasi langsung yang di luar kebiasaannya yang spontan dan responsif.

- Advertisement -

Dengan itu, saya bertanya tanya dalam hati, ada apa yang terjadi pada diri Daeng saudaraku ini. Almarhum salah satu partner berdiskusi tentang
nasalah peradaban/pangadakkang.

Almarhum salah satu tokoh yang mensupport pentingnya terbangun satu komunitas pemerhati budaya dalam masyarakat Sulsel yang di beri nama dengan ; Tablik Budaya Saromase/ TBM yang telah digelar empat kali pertemuan.

Rabu siang itu 5 April 2023 saya mendapatkan infomasi langsung dari Kak Aspar Paturusi bahwa beliau Dr. Najamuddin bin Lawing telah berpulang, inna lillahi wainna ilaihi rojiun.

Beberapa jam sebelumnya saya sher ke grup KKSS dengan berita dari chat handphone almarhum yang dipegang oleh isterinya yang mengabarkan tentang keberadaannya di ruang ICU rumah sakit Duren Sawit yang dikeluhkan sakitnya di punggung.

Keluarga Besar yang Bersahaja

Malamnya, saya datang ke rumah duka Balandongan samping mesjid Jami Tambora.

Di sana berjumpa dengan isteri dan anak-anak anaknya yang semuanya tiga belas orang, tertua Agus Lawing, dan kepadanya saya menyampaikan dukacita dan tentang ikatan perasahabatan/ pasarribatangan dengan almarhum.

Pesannya ke Agus, supaya menjaga kerukunan bersaudara kandung dan kerabat lainnya.

Almarhum tidak menampakkan keluhan sakitnya kepada anak-anaknya yang komplikasi di usia 76 tahun itu.

Ini khas karakter orang Makassar yang kukuh dengan pendirian Parreng Ngerang Leko (ketahanan dengan rasa sakit) hingga batas terakhir.

Membaca nama sosok almarhum dengan predikat prestasi keilmuan dan profesinya sebagai penasehat hukum, begitu jauh dari bayangan kewewahan yang pada umumnya banyak dimiliki oleh rekan-rekan seprofesinya.

Senior Daeng Aji Zainal Bintang memiliki kedekatan dengan almarhum yang di tahun 1990 an bergabung dengan SKM BARATA pimpinan Zainal Bintang.

Kepulangannya terpilih ke alam yang abadi di bulan suci ramadhan, isyarat almarhum mendapatkan tempat yang istimewa di sisiNya dengan amalan dan kebajikannya aamiin ya Allah.

Legolego Ciliwung 7 April 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here