Chaidir Syam: Kabupaten Maros Jadi Surga Buku, BAK Semangati Peserta Workshop Menulis Buku

0
79

PINISI.co.id- Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.Ip. M.H. mengapresiasi kegiatan Workshop dan Pendampingan Penulisan Buku Guru yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan di Baruga A kantor Bupati Maros, Senin 14 Maret 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa workshop dan pendampingan penulisan buku ini dilaksanakan mulai14 Maret sampai 14 April 2022.

Chaidir Syam mengungkapkan perasaan bahagia dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta penggiat literasi dan penggiat Pendidikan di Maros, sebab Perda tentang Kabupaten Literasi belum ditetapkan tetapi kegiatan sudah sampai di akar rumput. Bunda Literasi dan Bunda Baca telah melakukan kegiatan dan semuanya bergerak dan mendapat dukungan dari lapisan masyarakat.

- Advertisement -

Karena itu, Chaidir Syam berharap dengan kegiatan ini yang diikuti 55 peserta dari kalangan guru dan kepala sekolah mulai tingkat TK, SD dan SMP se Kabupaten Maros bisa menghasilkan buku yang dapat dinmanfaatkan siswa dan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini berupa 1 guru 1 buku akan disebarkan di perpustakaan, baik perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah sampai perpustakaan desa dan lorong.

“Saya berharap Maros bisa menjadi kabupaten literasi yang menjadi surga buku bagi para penulis dan pembaca. Menulis adalah persoalan komitmen, kesungguhan dan tekad yang kuat ” papar Chaidir Syam

Kegiatan Workshop ini menghadirkan narasumber di antaranya anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Irfan AB, praktisi pendidikan UNM Dr. Suandi, S.Pd., M.Pd. , Fatimah Ahmad, S.Kom., S.Pd., M.Pd. Lory Indrajaya dan Dr. Nurjaya dan tokoh perbukuan nasional Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) adalah penulis yang telah menekuni profesi menulis buku sejak 1995 sampai sekarang.

BAK tampil memukau para peserta dengan menghipnotis dan memotivasi para peserta dengan gaya retoris, motivator membuat para peserta serius dan bersemangat mendengar best pratice yang disampaikan tokoh Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional.

BAK menguraikan materi “Menjadi Penulis Pilihan Hidup” yang menyampaikan materinya sembari menunjukkan bukti-bukti buku karyanya dari berbagai genre biografi, parenting, sastrea, ilmiah populer dan karya umum. Dengan membawakan materi yang sangat antusias memberikan semangat dan motivasi kepada peserta untuk menjadi seorang penulis dan selalu melakukan kegiatan membaca dan menulis setiap hari.

“Kami sangat terkesan dan terkesima penyampaian Pak BAK yang betul-betul inspiratif dan menggugah para peserta dengan dibuktikan banyaknya pertanyaan dari para peserta yang ditujukan kepada Ketua Tim Pendamping Literasi Kabupaten Maros ini,” kesan Amiruddin, guru yang juga penulis dari Simbang, Kabupaten Maros. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here