Berminat Ikut Lomba Simfoni Kecapi HUT Ke 46 KKSS? Simak Aturannya

0
832

PINISI.co.id- Sekaitan dengan HUT Ke 46 KKSS, BPP KKSS mengundang warga KKSS untuk mengikuti Lomba Simfoni Kecapi yang digelar di Bellagio Mall, pada 5 November 2022 mendatang.

Menurut penanggung jawab lomba, Jamal Gentayangan, peserta lomba adalah seluruh warga KKSS yang merupakan utusan dari
masing–masing BPW/Pilar/Badan Otonom/BPLN KKSS Se-Indonesia.

“Lomba menggunakan alat/instrumen musik dan atau vokal suara. Sedangkan alat musik yang digunakan adalah kecapi, suling, gendang dan gitar atau alat musik daerah
setempat,” terang Jamal yang juga dosen di Institut Kesenian Jakarta ini.

Adapun jumlah peserta yang menggunakan pengiring alat musik seperti maksimal 10 orang. Perlengkapan serta kebutuhan alat musik dan properti pergelaran disiapkan oleh masing-masing peserta.

“Panitia hanya menyiapkan perlengkapan untuk tata
pentas, tata suara dan tata lampu standar untuk kebutuhan lomba,” imbuh Jamal.

Diingatkan, peserta menampilkan seni musik dan lagu yang inovatif dan kreatif dengan tetap mempertahankan akar tradisi masing-masing derah yang dimaksud.

Bentuk garapan bebas yang representatif mewakili perkembangan seni musik di wilayah masing – masing dengan iringan musik langsung yang sudah ditentukan.
Durasi maksimal 5 menit mulai dihitung saat musik berbunyi.

Menyoal sistem penilaian dilakukan oleh tiga orang juri yang
memiliki kapasitas dan kompetensi Nasional dan Internasional.

Penilaian

Unsur-unsur yang dinilai adalah vokal atau materi suara, teknik, harmonisasi dan ekspresi, instrumen/kekompakan instrumen, ritme dan harmonisasi, balance instrument/vokal dan gaya/gerak, ekspresi), orisinalitas karya.

Selanjutnya penampilan (formasi, penguasaan pentas, gerak/gaya, tata busana dan rias, adab dan kepribadian.

Aturan

Seluruh peserta sudah siap diruang tunggu (siap pentas) 30 menit sebelum tampil dan melaporkan kesiapannya kepada panitia.

Urutan penampilan mengikuti nomor peserta sesuai dengan yang sudah ditetapkan panitia dan tidak dibenarkan meninggalkan di area pementasan tanpa seijin panitia.

Selama lomba berlangsung peserta yang sudah tampil langsung turun dan digantikan peserta nomor urut berikutnya.

Peserta dilarang memindahkan peralatan pentas yang sudah diatur oleh panitia dan panitia tidak melayani permintaan khusus terhadap penggunaan tata suara. (Lip).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here