Berhadiah 20 Juta, Ikuti Lomba Cipta Lagu Daerah Sulsel untuk Kemanusiaan yang Digelar KKSS

2
1152

PINISI.co.id- Di tengah kecemasan masyarakat Indonesia dan dunia menghadapi Covid-19, Departemen Seni Budaya Badan Pengurus Pusat  Kerukunan Keluarga Sulawei Selatan (BPP-KKSS) akan menggelar lomba cipta lagu berbahasa daerah Sulawesi Selatan, yaitu Bugis, Makassar, Enrekang, Luwu dan Toraja, pada awal Mei ini.

“Lagu-lagu yang disertakan dalam lomba akan mengetuk pintu hati kita semua untuk tetap tegar, kuat, dan tangguh dalam suasana sipammase-mase di seluruh tanah air,” kata Wakil Ketua Umum BPP KKSS Jumrana Salikki, yang menaungi Departemen Seni Budaya dalam daring lewat aplikasi Zoom.

Rapat virtual diikuti sebagian besar pengurus Seni Budaya KKSS sepakat lomba untuk umum ini mengambil tema ‘Merawat Jiwa di Masa Pandemi’.

- Advertisement -

“Bukan hanya pasien saja yang perlu diobati, tetapi semua orang yang terkurung dalam rumah pun perlu mendapatkan penanganan jiwa,” kata Jamal Gentayangan, salah satu pengurus yang juga adalah seniman Sinriliq yang telah melanglang buana ke seantero nusantara hingga Eropa dan Amerika.

Menurut Ketua Departemen Seni Budaya KKSS Lasmiwati Aspar Paturusi,  lomba ini akan selenggarakan dalam waktu dekat. “Insya Allah akan dimulai awal Mei 2020. Kami sedang menyusun panitia dan merapikan hal-hal lainnya,” kata Lasmiwati.

Lomba karya cipta lagu ini membuat tiga kategori, yaitu kategori berbahasa Bugis, bahasa Makassar, dan bahasa Toraja, Enrekang, Luwu.

Harapan dari lomba ini adalah, masyarakat terus dapat berkarya di rumah, tetap produktif, dan bisa memberi inspirasi bagi yang mendengarkan lagu hasil lomba.

“Kita optimis menghadapi Covid-19 dan melampaui bencana mematikan ini,” lanjut Jumrana Salikki dalam keterangannya,  “Bersama seluruh komponen bangsa Indonesia di manapun kita berada.”

“Bangkit dan bergerak melalui budaya, narasi pappaseng tau riolo membangun girah yang nyaris lumpuh, bersama bergandengan tangan, berukir cinta di hati sesama anak manusia,” ulas Jumrana, tentang filosofi dari lomba cipta lagu daerah ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang lomba ini, pantau terus situs kami www.pinisi.co.id atau bisa mengikuti akun medsos Departemen Seni Budaya IG @senibudayakkss.[Man]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here