Begini Cara Karaengta Kota Baubau Merawat Tradisi Persatuan

0
656
- Advertisement -

PINISI.co.id-Arisan Kesatuan Kerukunan Keluarga Turatea (Karaengta) di Kota Baubau kali ini digelar di rumah Hafiruddin, S.Pd., di Jalan Raja Bulawambona Jembatan Beli, Kelurahan Wajo Kecamatan Murhum Kota Baubau. Minggu (10/9/2023).

Pasangan Hafiruddin dan Sahlan Binti Abdul Salam Bin Keke, asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, merantau ke Buton sejak 1994.

Sebelum arisan dimulai diawali dengan pembacaan Yasin, Sholawatan, doa kemudian arisan, dilanjutkan pembahasan rencana Maulid Nabi Muhammad SAW, yang disepakati awal Oktober 2023 dengan empat lokasi alternatif. Rapat lanjutan pada 30 September 2023 mendatang.

Ketua Karaengta Kota Baubau Abd Rahman Naba Daeng Lira menjelaskan, kegiatan Peringatan Hikmah Maulid Nabi yang tiap tahun dilaksanakan meminta kepada segenap warga untuk memberi saran, masukan, pendapat sehubungan rencana Maulid Nabi.

Lebih Lanjut, setelah semua saran, masukan ditampung akan dianalisis dirangkum dan di serahkan kepada Sesepuh / Dewan Penasehat Karaengta Kota Baubau untuk memutuskan. Setelah Keputusan akhir dan doa restu sesepuh Pengurus wajib melaksanakan keputusan Sesepuh Karaengta Kota Baubau.

- Advertisement -

“Dalam Kepengurusan Karaengta Kota Baubau Keputusan Tertinggi adalah Keputusan Sesepuh Karaengta Kota Baubau berdasar hasil keputusan awal dari pengurus dan warga Karaengta selanjutnya pengurus wajib melaksanakan,” tutup Daeng Lira.

Ketua Sesepuh / Dewan Penasehat Karaengta Kota Baubau Djafar Yusa Daeng Bonto menyilahkan pembahasan rencana secara matang, baik waktu, tempat kegiatan, susunan acara kegiatan, kesiapan perlengkapan, kebutuhan kegiatan agar bisa diambil kesimpulan terbaik untuk kita semua.

Dengan perencanaan matang maka pendekatan kesempurnaan suatu kegiatan dapat kita lakukan, sehingga mulai dari sekarang sudah bisa melakukan apa yang bisa kita perbuat yang sudah pasti digunakan saat kegiatan misalnya merangkai Bunga Maulid sudah bisa kita buat sedikit demi sedikit agar setelah waktunya mendekati warga tinggal memikirkan kebutuhan lainnya karena hiasan bunga telurnya sudah siap demikian pula lain lainnya yang bisa disiapkan sejak dini.

“Saya berharap kerjasama tim Karaengta tetap solid mensukseskan rencana kegiatan ini terutama ibu-ibunya, harus lebih Kompak demikian pula Anggota Garda yang merupakan garda terdepan untuk mensukseskan kegiatan ini,” ucap Daeng Bonto

Harapan warga terutama buat yang jauh tempat tinggalnya bisa berpartisipasi demi suksesnya kegiatan.

Acara dilanjutkan foto bersama di Benteng Sorawolio sambil bincang bincang ringan tentang rencana kegiatan Karaengta kedepan.

Sejumlah warga berharap pemerintah setempat mendukung program kerja Karaengta terutama peringatan Maulid Nabi dan bisa dilaksanakan di dalam Benteng Sorawolio. (Asbar Bilu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here