Asmin Laura, Bupati Nunukan Berdarah Bugis. Muda, Cantik dan Smart

0
2396
- Advertisement -

PINISI.co.id- Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah tamsil yang dilekatkan pada diri Bupati Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) Asmin Laura yang resmi dilantik oleh Gubermur Kaltara Zainal Arifin Paliwang sebagai Bupati Nunukan, Rabu (2/6/2021) kemarin.

Bupati berdarah Bugis, nan anggun  berusia 36 tahun ini dilantik untuk kali kedua. Seperti diketahui, Asmin Laura adalah petahana Bupati Nunukan.

Di usianya yang masih tergolong muda Asmin menoreh sejumlah prestasi lewat berbagai capaian yang dihasilkan Nunukan, daerah yang dihuni cukup banyak warga Kaltara  asal Sulawesi Selatan.

Perempuan kelahiran Sabah Malaysia, 10 Agustus 1985 ini menjabat sebagai Bupati Nunukan sejak 2016 hingga saat ini. Bupati 2 periode ini bahkan didapuk sebagai bupati termuda.

Sebagaimana diwartakan TribunKaltim.co, semula Asmin Laura bersama Faridil Murad dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nunukan periode 2016-2021. Asmin yang pertama menjabat sebagai Bupati Nunukan pada usia 31 tahun. Kini Asmin didampingi Hanafiah, resmi menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan periode 2021-2024.

- Advertisement -

Sebelumnya dalam kontestasi Pilkada 2020, pasangan Asmin Laura-Hanafiah dinyatakan unggul dengan perolehan 48.019 suara. Mereka diusung partai Hanura (7 kursi), Gerindra (1 kursi), Nasdem (2 kursi), Golkar (2 kursi) PDIP (1 kursi), dan Perindo (1 kursi). Termasuk dua partai pendukung (non kursi di parlemen) yakni PKB dan Partai Gelora Indonesia.

Keluarga Bugis

Asmin Laura lahir dari keluarga berdarah biru. Ia ternyata punya darah bangsawan Bugis. Ayahnya, Abdul Hafid Achmad, merupakan Bupati Nunukan pada periode 2001-2006 dan 2006-2011. Adapun ibunya bernama Rahma Leppa, merupakan anggota DPRD Nunukan Periode 2014-2019, dan kini dirinya merupakan Ketua DPRD Nunukan Periode 2019-2024.

Suami Asmin tak lain adalah Andi Muhammad Akbar, yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kaltara.

Dari pernikahan itu, Asmin Laura dikarunia 3 anak, diantaranya Andi Kauliaka Bebie Azzahra Akbar, Andi Achmad Almoesa Akbar, dan Andi Azizah Adeeva Akbar.

Dalam pertemuan Saudagar Bugis Makassar tahun 2017 di Makassar, Asmin tampil memikat mempresentasikan potensi daerahnya. Ia menarik para saudagar bukan saja karena cantik, muda dan penuh energi, namun ia juga smart menjawab berbagai pertanyaan.

Selamat Bu Bupati, semoga dapat mengemban amanah. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here