Apresiasi Program Promo Tarif, Menhub: Semakin Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Beralih ke Angkutan Massal

0
342
- Advertisement -

PINISI.co.id- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi para operator transportasi dan pihak terkait lainnya yang telah menyelenggarakan program promo tarif angkutan umum massal di hari-hari besar nasional maupun keagamaan.

“Program ini akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal.

Hal ini sesuai dengan program dari Kemenhub yaitu Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU),” ujar Menhub, Senin (26/6) di Jakarta.

Beberapa dari program promo tarif angkutan massal yang diselenggarakan salah satunya yaitu, kolaborasi antara Kemenhub melalui Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel Ditjen Perkeretaapian, Polrestabes Palembang, dan PT KAI yang menyelenggarakan program naik LRT Sumsel secara gratis yang berlaku satu hari pada 1 Juli 2023 dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77.

Syarat untuk bisa mengikuti program ini cukup mudah yaitu masyarakat tinggal menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Selain itu bagi anggota POLRI/ TNI juga bisa mengikuti program ini dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA).

- Advertisement -

“Saya mendorong operator transportasi dan pihak-pihak terkait lainnya, untuk memperbanyak program seperti ini, sehingga masyarakat terbiasa dan merasakan nikmatnya naik transportasi umum.

Setelah mengetahui enaknya naik
transportasi umum seperti LRT, maka perlahan dari yang tadinya naik kendaraan pribadi diharapkan akan beralih ke transportasi umum,” tutur Menhub.

Sebelumnya, program serupa juga dilakukan pada saat memperingati hari ulang tahun Kota Palembang ke-1340 pada 17 Juni 2023 lalu.

Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi untuk mengikuti program ini. Tercatat ada sebanyak 38 ribu lebih penumpang LRT Sumsel yang mengikuti program naik LRT Sumsel gratis ini.

Program serupa juga dilakukan di daerah lainnya, seperti misalnya: program diskon tiket kereta api jarak jauh hingga 25 persen yang dilakukan PT KAI saat libur sekolah, dan program tarif Rp. 1 saat HUT Jakarta ke-496 yang dilakukan Transjakarta, LRT Jakarta dan MRT Jakarta.

Selain di sektor darat dan perkeretaapian, di sektor udara juga dilakukan program serupa yakni program travel fair yang diselenggarakan oleh Maskapai Garuda Indonesia yang memberikan harga tiket pesawat promo kepada penumpang menyambut hari libur sekolah. (Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here