Andi M Irfan AB Deklarasi Guru Bermutu di Maros, Plt.Gubernur Sulsel Launching di HGN

0
159

PINISI.co.id- Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Irfan AB memimpin Deklarasi Guru Bergerak Menulis Satu Buku (Guru Bermutu) di Grand Town, Maros, Rabu, (24/11/2021).

Acara Bedah Buku yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan menyambut HGN 2021dirangkaikan pula Deklarasi Guru Bermutu diikuti ratusan guru-guru penulis, pustakawan, kepsek, pegiat literasi diinisiasi anggota DPRD Sulsel dari Kabupaten Maros, Pangkep, Barru dan Kota Parepare ini dihadiri Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros, Kadis Pendidikan Maros, Budayawan Sulsel Yudhistira Sukatanya.

Menurut Andi M Irfan, literasi sangatlah penting terutama bagi guru-guru, pustakawan dan pegiat literasi. Selain literasi membaca dan menulis sejurus dan sejalan Maros adalah kabupaten literasi pertama di Sulsel yang akan memiliki Perda Literasi di Sulsel.

- Advertisement -

“Kami terus mendorong pentingnya membaca dan menulis bagi masyarakat Sulsel, lebih-lebih guru sebagai pendidik dan pengajar,” papar Andi Irfan saat berbicara di acara bedah buku Meretas Jalan Menjadi Guru Inspirasi karya Dr.H.Basri, S.Pd.M.Pd.

Penggerak dan Penggagas Guru Bergerak Menulis Satu Buku, Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) menyampaikan dengan deklarasi Guru Bermutu Sulawesi Selatan sekaligus menunjukkan bahwa saatnya guru-guru menulis satu buku. Dan sebagai wujud nyata dari gerakan kebudayaan menggugat guru dan pustakawan menulis satu buku, akan menumbuhkan ekosistem literasi di Sulsel dengan prinsip-prinsip kolaboratif dan sinergi.

“Kami bersyukur karena Bapak Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan H.Moh. Hasan dan Plt. Kadis Pendidikan Sulsel H.Imran Jauzi dan anggota DPRD Sulsel Andi Muhammad Irfan AB mendukung total tumbuhnya gerakan literasi di Sulsel, “ papar BAK, Jumat 27 November 2021 di Makassar.

Sementara di Hari Guru Nasional yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, di Mall Nipah, Kamis (25/11/2021) Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Ir.H.Andi Sudirman Sulaeman melaunching Guru Bergerak Menulis Satu Buku. Launching Guru Bermutu ditandai dengan penyerahan buku karya guru kepada Plt. Gubernur Sulsel di arena acara pembukaan HGN Diknas Provinsi Sulsel disaksikan Plt.Kadis Pendidikan Sulsel Imran Jauzi, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Moh. Hasan, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Ketua Panitia HGN Sabri, Sekdis Pendidikan Sulsel Hery Sumiharto dan ratusan guru dan kepsek di Sulsel.

“Kami bersyukur karena Pak PLT. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman berkenan menerima kami sekaligus menerima buku karya guru penulis yang hadir di acara HGN Diknas Sulsel. Sementara itu, Plt. Gubernur Sulsel berpesan kepada Tokoh Literasi Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI ini, agar tetap jaga semangat berliterasi dan teruslah berkarya.

Sejumlah guru penulis buku hadir di antaranya Prof.Dr.Hj.Kembong Daeng, M.Hum. dengan membawa sejumlah karya bukunya yang saat ini menjadi buku materi pelajaran bahasa daerah di Sulsel, Dr.H.Nurdin B,M.Pd. Direktur Madrasah Unggulan Arifah membawa buku Dr.H.M.Amir Uskara, M.Kes. berjudul Ayo Membangun Desa dan karyanya sendiri Pelajaran Ekonomi untuk SMA dan MA, Arif Sikki, Guru SMA 2 Makassar dengan bukunya Spasi, Ardi Agupena dengan bukunya kumpulan puisi, Syamril Direktur Sekolah Islam Athiran berjudul Mendidik itu Membahagiakan, Kepsek SMA Negeri 21 Makassar. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here