Amerika is Country of Risk Taker

0
118

Kolom Iman Kurniadi

Amerika tanah impian buat banyak orang, mulai tersohor di Eropa sejak Christoffa Corombo pemuda dari Genoa Italia pada usia 41 tahun menemukan benua Amerika di tahun 1492. Christoffa Corombo kemudian lebih dikenal dalam bahasa Inggris dengan nama Christopher Columbus.

Jauh sebelum Columbus, pelayar Viking telah tiba di Benua Amerika pada tahun 900, sebelumnya ada juga Ibnu Aswad dari Andalusia.

Klaim penemuan benua Amerika juga datang dari orang Bugis, ketika perahu pinisi yang dipakai Daeng Gassing terdampar di dataran luas berpenduduk asli tanpa baju yang hanya ditutupi auratya dengan ikatan bulu-bulu burung. Saat pinisi hendak berlayar tidak ada hembusan angin, Daeng Gassing mengangkat tangan sambil berteriak kepada angin Ammirikko.. Ammirikko..!! dan penduduk aslipun berteriak teriak Ammirkko.. Ammirikko..!! mengikuti Daeng Gasing sambil menari-nari, kemudian diberilah dataran tersebut dengan nama Amerika dan perahu pinisi melegenda sebagai perahu penjelajah dunia.

Amerika juga memiliki kisah-kisah legenda tentang keberanian dan kepahlawanan, seperti cerita seru persaudaraan Old Shatterhand yang kulit putih dengan Winnetou kepala suku Apache yang berkulit merah.

Amerika adalah dataran luas yang dikunjungi manusia dari berbagai bangsa dan warna kulit, alam liar dan kehidupan yang keras siap menerpa siapapun yang datang untuk tinggal di sana, hanya mereka yang punya ambisi besar dan mau menanggung risiko yang berani tinggal,  itulah sebabnya mengapa Amerika disebut sebagai country of risk taker.

Dari kumpulan orang terbuang yang lari dari Eropa, buruh paksa dari Asia dan orang-orang yang hopless di kampungnya, selama 200 tahun ini Amerika telah bertransformasi menjadi negara super power yang sangat berpengaruh di dunia, pengaruh baik maupun pengaruh buruk.

Untuk kawan yang akan merantau ke Amerika, tidak ada pesan yang lebih baik dari yang disampaikan Nabi Muhammad kepada sahabat yang berangkat safar:

ZAWWADAKALLAAHUT TAQWA,  WA GHOFARO DZANBAKA,  WAYASSARO LAKAL KHOIRO HAITSUMA KUNTA.

Artinya: *Semoga Allah memberimu ketakwaan, dan mengampuni dosamu, dan memudahkan untukmu kebaikan dimana saja kamu berada.

17 Dzulhijjah 1442 H
Pa-Depok-an Sukatani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here