Membangun Negara Kebangsaan untuk Kesejahteraan

0
1139
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin 

APA yang perlu dilakukan?

Inilah pesan utama dari makna kemerdekaan bangsa yang direbut dengan perjuangan.

Pesan itu hendaknya terpatri dalan jiwa setiap warga negara terkhusus bagi pemerintah/lembaga penyelenggara kekuassan pemerintahan.

- Advertisement -

Sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi dan karena itulah Negara perlu memiliki kedaulatan kekuasaan untuk tidak tergantung dalam penguasaan negara asing.

Kemudian Negara memiliki kemandirian untuk mengelola aset sumberdaya alamnya yang diperuntukkan sebesar besarnya bagi kesejahteraan rakyat, tidak untuk kepentingan sekelompok orang yang menguasai SDA dan ekonomi bangsa itu.

Lalu bangsa ini memiliki kepribadian dengan kebudayaannya sebagai jati diri yang terus dirawat sampai akhir jaman, tidak larut terabaikan untuk pembangunan modernitas. Justru harus menjadi inspirasi dari landasan pembangunan itu.

Untuk itulah maka penyelenggaraan pemerintahan itu perlu penghayatan pemahaman dan pemaknaan apa arti peradaban bangsa dan hadir dalam menjalankan amanah konstitusi itu.

Dalam peradaban ini, pemerintah dapat mendorong empat hal sebagai berikut :

Kesatu; mendorong terciptanya wadah yang terbuka demokratis dengan Forum Dialog Kebudayaan di komunitas masyarakat antar daerah dan entitas dalam kehidupan berBangsa dan berNegara sebagai keluarga besar dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua; mendorong terciptanya aktualisasi nilai-nilai kearifan lokal daerah sebagai landasan dalam pengembangan etika pergaulan sosial dalam memperkuat identitas nasional sebagai bangsa yang beradab dan berkepribadian.

Ketiga; mendorong proses modernisasi yang dicirikan dengan perwujudan Negara Kebangsaan yang menguatkan kahadiran masyarakat sipil/civil society.

Keempat; pada muarannya untuk menciptakan kecintaan/ kebanggaan masyarakat dengan budayanya dan produk produk sumberdaya alam dan kreatif anak bangsa.

Legolego Ciliwung 9 Maret 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here