Yuk Menyeruput Kopi Phoenam Kahfi Hingga Sesapan Terakhir

0
916
- Advertisement -

PINISI.co.id- Orang butuh kehidupan sosial seperti minum kopi di kafe atau resto. Memang banyak kafe yang menjajakan kopi berikut pengananannya, namun hanya sedikit yang melegenda. Kopi waralaba asing juga menjamur dengan jenama (branding) terkenal namun tidak justru menggusur jenama lokal yang sudah punya ceruk pasar tersendiri.

Salah satu jenama lokal yang legendaris adalah Kopi Phoenam yang kini sudah jadi waralaba. Phoenam sudah hadir sejak 1946 di Makassar, setahun setelah Indonesia merdeka. Tidak cukup di Kota Daeng, di sejumlah lokasi bisnis Jakarta, penikmat minuman kopi ini bisa menyeruput kopi Phoenam antara lain di Jalan Moh. Kahfi 1, kawasan Ciganjur Jakarta Selatan, tidak jauh dari rumah Gus Dur — Presiden Indonesia yang paling humoris.

Dulu di kedai kopi Phoenam Jalan Wahid Hasyim Jakarta kerap nongkrong tokoh-tokoh politisi seperti Akbar Faisal, Hamid Awaluddin hingga Syahrul Yasin Limpo ngobrol ngalor ngidul khas warung kopi.

Namun bagi penikmat kopi di Jakarta Selatan, Phoenam di Jalan Kahfi 1 juga menawarkan kopi rasa otentik. Puluhan varian kopi, teh dan menu berat seperti nasi goreng merah, mie titi, sop ubi, singkong dan pisang kepok goreng plus sambalnya hingga roti kaya adalah kuliner spesial Makassar yang telah memiliki ikatan batin bagi warga Sulawesi Selatan. Jika menyeruput kopi Phoenam anda seperti menyesap kopi puluhan tahun lampau di Makassar.

- Advertisement -

Betapa tidak, bijih kopi jenis robusta dan arabika langsung dibawa dari pegunungan Toraja, salah satu penghasil kopi premium Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Setiap sesapan kopinya meninggalkan jejak rasa. Dan setiap rasa punya cerita lantaran kita dibawa ke atmosfer masa lalu di kampung halaman. Hanya dengan minum kopi Phoenam anda merajut kembali kenangan yang telah lama lewat.

Namun bagaimana dengan pemula dan bukan penikmat kopi? Tak usah khawatir, sebab masih banyak kudapan lain yang tidak kalah sensasinya. Teh susu khas Makassar, sejenis teh tarik bisa dicoba. Atau mie hokkian, nasi goreng ikan asin, hingga roti panggang telur adalah sejarah kuliner yang abadi.

Yang pasti, ngopi atau menyantap kuliner satu daerah seperti Makassar niscaya tidak pernah sama dengan daerah lainnya, karena setiap daerah memiliki kekayaan rasa yang berbeda. Dan kopi spesial kental pahit atau kopi robusta plus susu sudah cukup membawa sensasi baru yang tak terlupakan.

Yuk, ngopi di Phoenam Kahfi. (Alif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here