Webinar Kolaborasi Dosen Nusantara, 39 Jam Bersama Pakar Buku Ajar

0
577
- Advertisement -

PINISI.co.id- Webinar penulisan buku ajar yang diprakarsai oleh Kolaborasi Dosen Nusantara (KDN) ) via zoom menarik minat para dosen untuk menulis buku ajar dari berbagai disiplin Ilmu digelar pada Sabtu (22/7/2023).

Tampil sebagai pembicara kunci Prof. Hafied Cangara, M.Sc., Ph.D. Guru Besar Ilmu Komunikasi Unhas Makassar. Juga di perkuat oleh Rusman Latief, M.I. Kom Dosen Akademi Televisi Indonesia, yang juga pakar di bidan sinematografi serta di dukung oleh Syafruddin Azhar Senior Editor Prenadamedia Group yang siap menerbitkan buku para dosen.

Antusias para dosen ikut serta menambah peserta lainya. Masing-masing narasumber di berikan sesi presentasi 30 menit untuk menceritakan pengalamnya sebagai pakar penulis buku ajar. Waktu yang terbatas 39 jam menurut para dosen adalah waktu yang sangat singkat.

Prof. Hafied Cangara mengatakan yang terpenting adalah banyak referensi dan banyak data dan perhatikan gaya penulis dari luar negeri karena kita akan sampai ke sana.

Disisi lain Rusman Latief, pakat televisi ini mengutip pernyataan Imam Al-Gajali “Kalau kamu bukan anak raja, bukan anak ulama besar, maka jadilah Penukis.”

- Advertisement -

Menurut Rusman, tidak ada karya yang jelek yang ada karya belum sempurna.

Motivatsi tersebut ditujukan kepada para dosen jika ingin berkarya. “Dosen itu tidak dapat lepas dari Tri Dharma, harus seimbang antara mengajar, meneliti dan mengabdi pada masyarakt,” kata Pajar Pahrudin, S.Kom.,MH selaku Ketua Panitia dan sekaligus dosen di PTS STMIK Widya Cipta Dharma Kalimantan Timur.

Sementara Syafruddin Azhar Senior Editor Prenadamedia Group yang nanti siap menerbitkan buku para dosen yang telah mempunyai draf buku, silahkan kirimkan drafnya minimal ada daftar isi dan sebagian dari isi buku yang mau diterbitkan tapi jika lebih baik lagi jika bukunya sudah 100 % bab nya lengkap.

“Itu lebih baik”, katanya melalui Webinar yang di gagas oleh Kolaborasi Dosen Nusantara (KDN).

Organisasi ini baru di setujui melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. AHU-0002332.AH. 01.07.Tahun 2023 tentang pengesahan Pendirian perkumpulan Kolaborasi Dosen Nusantara (KDN).

KDN diketuai Dr. Erpidawati, SE,M.Pd, menyatakan jangan lelah untuk berkarya dan berkontribusi untuk anak bangsa Indonesia dan berbagi ilmu pada sesama dosen dan masyarakat.

Antusiasme para dosen yang ikut serta dalam acara ini menambah semangat peserta Webinar karena di akhir acara akan di berikan doorpreriz berupa buku dari para narasumber, yang nantinya akan menjadi referensi bagaimana memulai menulis buku ajar yang tidak membosankan di baca oleh mahasiswa. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here