Tokoh Literasi, Minta Bupati Jeneponto dan DPRD Benahi TMP Karisa

0
68

PINISI.co.id- Tokoh Literasi Penerima Penghargaan Tertinggi Nugrasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma, meminta Bupati Jeneponto H.Iksan Iskandar bersama DPRD Kab. Jeneponto, segera membenahi dan menata Taman Makam Pahlawan Karisa, Kabupaten Jeneponto. Ketua Harian DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat(LPM) Provinsi Sulsel yang juga Pengurus DPP KKT ini, prihatin setelah berkunjung dan melakukan ziarah ke Makam Tokoh Pejuang Turatea Kapten M. Ali Daeng Gassing dan Raden Daeng Inginung.

Menurut BAK, setelah menyaksikan langsung kondisi TMP Karisa, sebagian papan nama para tokoh pejuang yang dimakamkan di TMP Karisa tidak lagi menggunakan papan nama di atas mizan makam, dan ada juga katanya masih memiliki papan nama, namun tidak lagi bisa terbata tulisannnya. Karena itu BAK, meminta kepada Bupati Jeneponto H.Iksan Iskandar juga membenahi dan memperbaiki nama-nama para pejuang yang dimakamkan di TMP Karisa agar bisa terbaca tulisannya jelas dan rapi terutama pada tulisan tembok nama-nama pejuang yang berada di sebelah kiri pintu gerbang masuk TMP sudah tidak jelas lagi dan menghilang tulisannya.

“ Kami berharap Pak Iksan Iskandar bersama jajarannya dan DPRD Jeneponto bisa turun tangan memperbaiki dan menata pusara para pejuang kita yang dimakamkan di TMP Karisa” kata Bachtiar Adnan Kusuma, salah seorang cucu pejuang Kapten M. Ali Daeng Gassing (korban peristiwa 40.000 jiwa Sulsel) dan Raden Daeng Nginung( mantan Kadis Pendidikan Pertama Kab. Jeneponto dan Anggota DPRD Jeneponto) yang ikut dimakamkan bersama tokoh-tokoh pejuang lainnya di TMP Karisa. Bachtiar Adnan Kusuma didampingi bersama para cucu kedua tokoh pejuang Turatea, Kapten M. Ali Daeng Gassing dan Raden Daeng Nginung di antaranya Dra. Hj. Syamsiah Arief Mappuji, M.Pd., Intan, Andi Rizky Jayanti, S.IP.

- Advertisement -

Sementara itu, Deklarator Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat ini, menemui Wakil Ketua DPRD Kab. Jeneponto, Imam Taufiq Bohari di kediamannya, Bontosunggu. Imam Taufiq Bohari yang juga Ketua DPC PPP Kab. Jeneponto berjanji menyampaikan saran dan masukan BAK kepada Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar dan OPD terkait agar segera dibenahi. “ Kami melihat langsung video Kak BAK saya langsung menghubungi beliau dan janjian bertemu langsung untuk segera menindaklanjutinya,” papar Imam Taufiq Bohari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here