Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, Gerakkan Akademi Literasi, Eks Komisioner KPAI Mentor Satu Masjid Satu Buku

0
135

PINISI.co.id- Tokoh Literasi dan Perbukuan Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma menggerakkan Akademi Literasi Perpustakaan Nasional bekerja sama Pengurus Pusat Ikatan Alumni Keluarga Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia(IKA BKPRMI).

Usai pasca deklarasi dan peluncuran Akademi Literasi Nasional dan Gerakan Satu Masjid Satu Buku yang digelar di Auditorium Perpustakaan Nasional Jakarta, beberapa waktu lalu, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan Ketua Umum PP Ika BKPRMI Dr.H.Andi Kasman, S.E.M.M. sepakat menandatangani pernyataan Deklarasi Akademi Literasi Nasional yang dilanjutkan Workshop Nasional Menulis Buku Satu Masjid Satu Buku.

Penggerak Akademi Literasi Nasional PP Ika BKPRMI dan Perpustakaan Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma menjadi mentor utama Workshop Nasional Buku Satu Masjid Satu Buku bersama eks Komisoner KPAI Pusat Dr. Sitti Hikmawatty menjadi pembimbing khusus Workshop Menulis Buku yang diikuti peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

- Advertisement -

Bachtiar selain melakukan pembimbingan khusus, Tokoh Penerima Penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI ini memiliki pengalaman panjang dalam dunia herakan literasi dan perbukuan nasional baik sebagai praktisi, pengusaha perbukuan maupun sebagai mentor workshop menulis buku di berbagai daerah di Sulawesi Selatan maupun di luar Sulawesi, ia juga bersama Sekjend PP Ika BKPRMI Fachmi Alamry mempersiapkan Roadshow Gerakan Nasional Satu Masjid Satu Buku ke berbagai provinsi di Indonesia.

“ Sebelum kami bergerak menggerakan Akademi Literasi Perpustakaan Nasional, kami berkomunikasi dan menyerap saran-saran dan masukan dari Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Kang Drs Deni Kurniadi, M.Hum serta Ketua Umum PP Ika BKPRMI yang juga Deputi Bidang Arsip Nasional Republik Indonesia Dr.H.Andi Kasman, S.E.M.M. serta Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional, Dr. Adin Bondar, M.Si, ” ujar Deklarator Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia ini.

Menurut Fachmi Alamry, pihaknya tidak lagi memusatkan kegiatan di Jakarta, tapi fokus ke provinsi dan kabupaten kota di Indonesia. Karena itu, Fachmi yakin dan percaya program nasional literasi ini bisa menjadi pemicu dan adrenalin keterlibatan para pemuda remaja masjid dan alumni ikut serta mendukung dan mempercepat terwujudnya masyarakat Indonesia yang gemar membaca dan menulis.

“Kami tengah menggelar Workshop Nasional Menulis Buku sejak 14-15 Mei 2022 di Hotel Grand Cempaka Jakarta, kemudian dilanjutkan pertemuan jarak jauh setiap hari Sabtu pukul 19.00-20.00 malam yang dibimbing langsung Mentor Utama Bachtiar, mentor lainnya Sitti Hikmawatty dan sejumlah asisten mentor yang dipersiapkan Pak Bachtiar,” papar Sekjend PP Ika BKPRMI Fachmi Alamry. (Aco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here