Tingkatkan Layanan Keadilan, Ketua MA Resmikan 51 Gedung Pengadilan Baru

0
337
- Advertisement -

PINISI.co.id- Pembangunan gedung pengadilan merupakan upaya terus menerus yang dilakukan oleh Mahkamah Agung untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima terhadap pencari keadilan. Untuk itu Saya berharap, semoga kehadiran gedung-gedung baru ini turut membawa spirit baru bagi aparatur peradilan agar lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat. Saya tidak menginginkan hanya gedungnya saja yang baru, tapi semangat aparaturnya tidak turut diperbaharui.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H dalam peresmian operasional 13 Pengadilan Tingkat Banding baru dan 38 gedung Pengadilan Tingkat Pertama, pada hari Senin, 5/12/2022, di halaman gedung Pengadilan Negeri Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Lebih lanjut, Prof Syarifuddin berharap kepada para Ketua Pengadilan Tingkat Banding yang baru, agar mempersiapkan diri untuk menata semua keperluan, agar Pengadilan Tingkat Banding yang baru dapat beroperasi dengan baik. Begitu juga kepada Wakil Ketua, Hakim Tingkat Banding yang baru, maupun unsur kepaniteraan dan kesektariatan, yang telah ditetapkan bertugas di Pengadilan Tingkat Banding yang baru, juga agar mempersiapkan diri untuk melaksanakan tugas masing-masing di tempat tugas yang ditunjuk, tentu di bawah koordinasi Ketua Pengadilan Tingkat banding yang bersangkutan.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Mahkamah Agung Prof. Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H menyatakan komitmen Mahkamah Agung dalam melaksanakan pembangunan dan peningkatan pelayanan peradilan secara berkelanjutan tanpa henti merupakan upaya untuk mengimbangi dinamika permasalahan dan harapan masyarakat terhadap lembaga peradilan yang tidak pernah surut. Hal ini sejalan dengan ungkapan dari tokoh dunia John F Kennedy: “Life is never easy. There is work to be done and obligations to be met – obligation to truth, to justice, and to liberty”. Hidup tidak pernah mudah. Ada pekerjaan yang harus dilakukan dan kewajiban yang harus dipenuhi – kewajiban terhadap kebenaran, keadilan dan kebebasan.

Sementara itu, Gubenur Kepulauan Riau mengatakan sebagai salah satu wilayah strategis yang ada di Indonesia tentunya Provinsi Kepulauan Riau menghadapi tantangan yang tidak mudah, terutama untuk tindak kriminalitas seperti perampok, penyelundupan, narkoba dan kejahatan lainnya. Oleh sebab itu, kehadiran Pengadilan Tinggi diKepulauan Riau sangat dibutuhkan sebagai langkah keadilan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sekaligus langkah penguatan bagi wilayah perbatasan.

- Advertisement -

Di akhir sambutan Ketua Mahkamah Agung mengutarakan terkait proses pelimpahan dan penyelesaian perkara banding di Pengadilan Tingkat Banding yang baru, Saya harap Para Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding, baik di Satker Induk maupun di Satker Baru, serta seluruh aparaturnya, agar berkoordinasi dengan baik, dengan memperhatikan dan memedomani ketentuan yang diatur dalam Pasal 5 dan Pasal 6 yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2021 untuk Pengadilan Tinggi Agama, Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2021 untuk Pengadilan Tinggi, dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2021 untuk Pengadian Tinggi Tata Usaha Negara.

Berikut adalah daftar pengadilan yang baru diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung:

Lingkungan Pengadilan Tingkat Banding

PT Kepulauan Riau

PTA Kepulauan Riau

PT Kalimantan Utara

PTA Kalimantan Utara

PT Sulawesi Barat

PTA Sulawesi Barat

PT Papua Barat

PTA Papua Barat

PTA Bali

PT TUN Palembang

PT TUN Banjarmasin

PT TUN Manado

PT TUN Mataram
Lingkungan Peradilan Umum

Pengadilan Negeri Cikarang

Pengadilan Negeri Blangpidie

Pengadilan Negeri Suka Makmue

Pengadilan Negeri Sei Rampah

Pengadilan Negeri Pulau Punjung

Pengadilan Negeri Teluk Kuantan

Pengadilan Negeri Pangkalan Balai

Pengadilan Negeri Gedong Tataan

Pengadilan Negeri Pulang Pisau

Pengadilan Negeri Penajam

Pengadilan Negeri Melonguane

Pengadilan Negeri Belopa

Pengadilan Negeri Lasusua

Pengadilan Negeri Namlea

Pengadilan Negeri Mukomuko

Pengadilan Negeri Koba

Pengadilan Negeri Mentok
Lingkungan Peradilan Agama

Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue

Pengadilan Agama Sei Rampah

Pengadilan Agama Pulau Punjung

Pengadilan Agama Prabumulih

Pengadilan Agama Pringsewu

Pengadilan Agama Mesuji

Pengadilan Agama Sukadana

Pengadilan Agama Penajam

Pengadilan Agama Lolak

Pengadilan Agama Ampana

Pengadilan Agama Belopa

Pengadilan Agama Malili

Pengadilan Agama Lasusua

Pengadilan Agama Namlea

Pengadilan Agama Kepahiang

Pengadilan Agama Suwawa

Lingkungan peradilan Tata Usaha Negara

Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkal Pinang

Renovasi Gedung
Pengadilan Negeri Sungguminasa

Pengadilan Agama Bajawa

PTUN Jakarta

PN Marabahan

(Syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here