Silaturahim dan Halal Bihalal Kerukunan Masyarakat Bulukumba: Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakarennu

0
616
- Advertisement -

PINISI.co.id- Masih dalam suasana Idul Fitri, liburan dan kesibukan para pengurus, juga tetamu tentunya tidak kalah sibuk dengan berbagai agenda acara di tempat lain adalah suatu berkah melaksanakan even begitu singkat namun tetap dihadiri oleh para tetamu undangan.

Silaturahim dan Halal Bihalal digelar Kerukunan Masyarakat Bulukumba (KMB) berlangsung khikmad. Acara ini dilaksanakan di Gedung Yos Sudarso Jakarta Utara Sabtu lalu (13/5/3023).

Ketua Umum DPP Kerukunan Masyarakat Bulukumba Jumrana Salikki beserta jajarannya, juga ketua Panitia Syaefullah Hamid dan tim menyapa para hadirin baik dari KKSS, pilar maupun warga KMB.

Acara ini dihadiri Ketua Umum BPP KKSS HM Muchlis Patahna, SH, MKn beserta isteri, Sekjen BPP KKSS H Abdul Karim beserta isteri, Dr.dr. Ulla Nuchrawaty, Hj Nurwaya, Ketua Umum DPP IDI periode lalu dr Zaenal Abidin.

Hadir Ketua Umum KKDB Barru HM Yasin Azis SE, Ketua Umum Pamai Maros H Zulkarnaen Spel, MM, Ketua Umum KKBS Selayar Ir Andi Bachtiar Sirang, Sekjen KKMB – Bone Andi Bohar dan Irjen Pol Andi Akram, Ketua Umum Kebugis Sidrap H Mashur Bin Mohammad Alias didampingi Sekjen Kolonel Amir Laupe beserta tim, Sekjen KKPK Pangkep Andi Agus Salim Hasga, KKBS Soppeng Aprial Hafsah, KKLR Luwu Raya Jaya Lupu. Ketua Umum LBH Amanagappa Anggia Murni SH dan tim, Ketua Umum LSBSS Seni Budaya Sulsel Sulasmiwati.

- Advertisement -

Ketua KKSS DKI Jakarta Dr A Syamsul Zakaria, SH, KKSS Perwakilan Amerika Serikat Bahtiar dan tim, Ketua KKSS Jakarta Utara A Nofri Baso.

Dari internal Keluarga Besar Kerukunan Masyarakat Bulukumba Ketua Dewan penasehat Andi Aspar Paturusi, Andi Rukmiaty Andi Jahya, Andi Rukayah Andi Jahya, Kolonel Hasanuddin Salsab, Vice President Telkomsel A Agus Akbar, Asri Irwan SH MH (KPK), Kolonel (Purn) Fatmawati, Wakil Ketua Umum DPP KMB Bulukumba Asyir Syafaat, Sekretaris Umum Ashar Juraeje beserta jajaran.

Menurut Jumrana Salikki, Silaturahim dan Halal BiHalal ini digelar dalam rangka merekatkan secara internal baik tokoh, pengurus maupun warga Kerukunan Masyarakat Bulukumba. Sekaligus juga bisa menghadirkan organisasi pilar dan otonom di lingkungan KKSS.

Menurut Jumrana, tahun lalu sudah diselenggarakan Halal Bihalal dan Family Ghatering di sebuah hotel Kawasan Puncak Bogor. Tahun ini bergeser ke Jakarta supaya para Ketua pilar dan organisasi ototonom atau yang mewakili bisa hadir bersama keluarga besar Kerukunan Masyarakat Bulukumba.

“Dan alhamdulillah hari ini sekalipun persiapan acara sangat singkat, bisa dihadiri oleh Bapak/ibu yang saya hormati dan banggakan,” sapa Jumrana sumringah.

Aktivis sosial budaya ini memuji kampung halamannya Bulukumba, begitu indah ciptaan Allah SWT. Begitu agung mulai dari pantai pasir putih sehalus sagu membentang hampir di sepanjang pantai Bulukumba. Pegunungan yang indah. Ditambah kearifan lokal mendunia yaitu Perahu Pinisi dan Kajang.

Bahwa kepemimpinan Kajang adalah miniatur kepemimpinan negara. Dan jika ini diterapkan di republik ini. Maka in syaa Allah tidak ada lagi rakyat yang lapar. Karena kepemimpinan Amma Toa, sebelum ia tidur, harus memastikan masyarakatnya tidak boleh ada yang lapar. Itulah salah satu kehebatan kearifan lokal Kajang.

Selain itu, Jumrana Salikki mengibaskan kain Tenun Kajang warna hitam membalut yang dikenakan sebagai tanda kebesaran kearifan lokal yang luar biasa.

Pariwisata Bulukumba berkembang begitu pesat. Kunjungan wisatawan begitu padat dengan ritme kendaraan cukup tinggi.

“Tabe’ oleh karena itu, kalau mauki ke Bulukumba tidak cukup sehari atau dua hari. Bukan hanya Bira tapi banyak spot lainnya yang lebih indah dari Bira. Minimallah 5 hari kalau ke Bulukumba.”

Jumrana menyampaikan juga organisasi pilar Kerukunan Masyarakat Bulukumba telat menghelat Safari Ramadhan 2023 di 2 (dua) lokasi yaitu: Pertama di Warung Pada Idi’, resto yang menyediakan makanan khas Bugis Makassar, agenda acara: Buka Puasa, ceramah agama dan KMB Peduli. Kedua, di Kediaman Bapak Irjen (Pol) Andi Faizal Tayeb dan ibu Andi Kurniaty – Ketua IWSS DKI Jakarta.

Sejumlah tamu pada acara silaturahmi dan halal bihalal KMB.

Jumrana yang juga Wakil Ketua Umum BPP KKSS tak lupa penyampaikan amanah salam hormat dari tokoh Bulukumba Mayjen TNI (Pur) Andi Arifuddin Manrihu atas ketidak hadiran bahwa sejatinya beliau menyertai pada Silaturrahim ini seperti saat buka puasa kemarin, karena ada acara lain yang tidak bisa ditunda.

Tak henti Jumrana mengajak para hadirin baik warga Kerukunan Masyarakat Bulukumba maupun pilar lain, dengan senang hati berpartisipasi Qurban Bersama Kerukunan Masyarakat Bulukumba di kampung halaman Bulukumba.

Di setiap kesempatan ia selalu menyampaikan, semoga kita semua bisa manfaat untuk warga, masyarakat sekitar, kampung halaman, Sulawesi Selatan dan juga untuk bangsa Indonesia. “Sekecil-kecil manfaat,” kata Jumrana seraya mohon maaf jika ada yang salah pada hadirin.

Ia mengapresiasi kerja panitia, pengacara Syaefullah Hamid yang juga Ketua Kerukunan Masyarakat Bulukumba DKI Jakarta berserta tim. Dengan waktu singkat berjibagu, bisa menghelat acara ini dengan baik.

Ketua Panitia Halal Bihalal KMB Syaefullah Hamid.

Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna dalam sambutannya mengingatkan independensi KKSS, begitupun organisasi yang bersinergi di dalamnya. Hal ini disampaikan mengingat tahun ini sudah memasuki tahapan politik negara.

Muchlis mempersilakan pengurus dan warganya berpolitik praktis. Namun tetap menjaga independensi organisasi KKSS.

Juga bagaimana membangun dan menjaga harmoni di dalamnya. Baik secara internal maupun eksternal.

Ketua Panitia Pelaksana Syaefullah Hamid mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum BPP KKSS, Para Ketua Pilar, para tokoh. Dan terima kasih tak terhingga kepada Ketua Umum DPP Kerukunan Masyarakat Bulukumba beserta pengurus, panitia dan donatur. Juga kepada semua hadirin yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan dan mensukseskan acara Silaturrahim dan Halal Bihalal Kerukunan Masyarakat Bulukumba 2023 ini.

Kerja panitia memang begitu singkat. Hanya sekitar 5 (lima) hari. Alhamdulillah acara ini berjalan baik dan sukses.

Penceramah Abdul Hamid Husain Lc MA- alumni Gontor, King Abdul Aziz University Jedah dan Umm Al Qura University Makkah Saudi Arabia. menyampaikan pentingnya silaturahim. (PK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here