Seru, Warga RT 3 Rawa Denok, Depok Meriahkan Kemerdekaan Dengan Berbagai Lomba

0
915
- Advertisement -

PINISI.co.id- Seluruh rakyat Indonesia merayakan HUT kemerdekan RI dengan caranya masing-masing. Tak terkecuali warga RT 03/01 Rawa Denok, Rangkapan Jaya Baru Depok, Jawa Barat menyemarakkan HUT RI Ke-77 dengan berbagai kegiatan lomba.

Pada Rabu pagi, saat 17 Agustus dikumandangkan, warga yang terdiri dari anak-anak, remaja, hingga kedua orangtuanya ikut gerak jalan santai yang mengitari kampung Rawa Denok sejauh kurang lebih lima kilometer dan finis kembali di lapangan voli. Setelah itu diumumkan door prize dengan sejumlah hadiah menarik. Para peserta gerak jalan kemudian menukar kupon dengan berbagai kuliner favorit orang Rawa Denok seperti cilok, asinan hingga bakso.

Seusai gerak jalan yang ditempuh sekitar 50 menit, berikutnya acara yang dikoordinir oleh remaja yang tergabung dalam RESTU (Remaja Erte Tiga Erwe Satu) menggelar berbagai lomba yang heboh dan memikat para peserta. Antara lain makan kerupuk, memasukkan paku yang terikat benang ke dalam botol, yang dilombakan oleh anak-anak segala umur. Tak ketinggalan para Ibu-ibu yang menghibur menyeruput kerupuk yang digantung seutas tali dari jaring. Lomba ini menambah kegembiraan warga. Penonton tak mau kalah memberi semangat para pelomba dengan sorak-sorai.

Menurut Restu, selaku koordinator panitia, berbagai lomba yang dihelat selain untuk mengikat dan merekatkan tali silaturahim antarwarga juga turut memeriahkan hari kemerdekaan yang dilakukan sekali setahun.

Pada siang hari setelah Dhuhur, tak kalah heboh adalah lomba menangkap ikan lewat tradisi Ngubek Lauk di kolam ikan yang ada di lingkungan Rawa Denok. Dari remaja hingga orang dewasa saling adu cepat menangkap ikan semampu yang ia dapat. Bang Minin sendiri sedikitnya berhasil menangkap ikan 10 ekor, dari ikan lele, mujair dan ikan mas.

- Advertisement -

Tradisi ini merupakan simbol kebersamaan dan tradisi yang harus dilestarikan. Serta meningkatkan rasa gotong royong diantara warga.

Sebelumnya di lapangan voli pada Selasa malam, (16/8/2022) diadakan syukuran dengan doa dan santap malam yang dipimpin Ketua RT 03 Nurhadianto. Ketua RT berharap hendaknya semangat kemerdekaan RI ini membawa kehidupan warga Rawa Denok khususnya RT O3 bertambah baik. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here