Sedekah Jumat KKSS Kendari, Langkah Nyata Bermanfaat

0
450

PINISI.co.id- Sedekah Jumat warga KKSS Kota Kendari dengan sasaran yayasan cerdas Shohibul Qur’an, para pembersih kuburan di TPU Punggolaka, sembako untuk kaum dhuafa di wilayah Sao-sao dan penyerahan donasi untuk pembangunan masjid Muallaf Center Kota Kendari, pada Jumat, (10/12/2021).

Menurut Ketua BPD KKSS Kota Kendari M.Ridwan Zainal, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kepekaan sosial pada kaum yang belum beruntung dan masih membutuhkan uluran tangan kita selaku warga KKSS Kendari.

“Kemudian memupuk ukhuwah dan silaturahmi warga KKSS yang ada di perantauan dengan masyarakat pribumi. Membudayakan sikap sipakatau, sipakainge, sipakalebbi, pada warga kota Kendari. Mendukung pendidikan pesantren untuk para penghafal quran dan para muallaf untuk syiar agama Islam sebagai pondasi kehidupan masyarakat,” imbuh Zainal.

- Advertisement -

Zainal mengharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan semakin meluas lagi jangkauannya sehingga KKSS Kendari dapat mempererat silaturrahmi dan semakin bermanfaat untuk membantu masyarakat secara nyata melalui kegiatan program kerja.

Adapun yang mendasari perintah untuk bersedekah, Zainal menjelaskan, sesuai program kerja KKSS lebih jelas lagi dalam surat Al- Baqarah, ayat 274. Allah SWT berfirman:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran atas mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Ayat ini membahas tentang orang yang bersedekah harta pada waktu siang dan malam sesuai dengan hajat dan maslahat. Bersedekah yang dianjurkan adalah yang sembunyi-sembunyi, terkadang dalam keadaan terang-terangan. Ayat ini menyebutkan didahulukan bersedekah secara diam-diam, sesudah itu barulah terang-terangan. Hal itu karena bersedekah secara diam-diam lebih ikhlas.

Lebih lanjut dikatakan, bila ada maslahat untuk melakukan sedekah secara terang-terangan, maka lebih baik untuk bersedekah secara terang-terangan misalnya untuk jadi contoh bagi yang lain atau untuk jadi pelopor dalam ajaran yang baik. Orang yang memberikan sedekah akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Dan yang tak kalah pentingnya, ayat ini juga menyebutkan bahwa orang yang bersedekah, mereka akan selalu tenang, tak merasa khawatir untuk masa depannya dan tak pula bersedih dengan apa yang mereka tinggalkan di masa silam.

Zainal membeberkan bahwa setidaknya ada tiga hal penting yang dapat kita ambil dari perintah bersedekah. Pertama, bersedekah adalah salah satu wujud dari rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kedua, bersedekah jadi bukti kuat, bahwa kita merupakan mahkluk Allah yang lemah dan tak mempunyai apa-apa, sementara Allah SWT itu maha kaya. Ketiga, bersedekah bisa mendatangkan kebaikan, ketenangan, ketentraman serta kesucian jiwa, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain.

Dalam kegiatan ini tidak luput warga KKSS Kendari juga melakukan ziarah kubur almarhum Ir. Ahmad Yani Muluk, M.Si. (Ketua BPD KKSS Kota Kendari 2020-2025) dan segenap warga yang hadir seraya memanjatkan doa terbaik buat almarhum yang dipimpin langsung oleh Ir. Firdaus Mustamin.

Zainal mengucapkan apresiasi kepada segenap warga KKSS Kendari dan semua pihak yang telah mendukung program ini hingga dapat berjalan lancar baik materil, tenaga, maupun doa, semoga mendapat imbalan setimpal dari Allah SWT. (Bilu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here