Sah, DPRD Maros Tetapkan Perda Literasi

0
334
- Advertisement -

PINISI.co.id- Bupati Maros Chaidir Syam menyampaikan rasa bahagianya karena DPRD Kabupaten Maros, resmi menetapkan Perda Literasi Kabupaten Maros melalui rapat pleno terbuka DPRD Maros, Senin 15 Agustus 2022 di Gedung DPRD Maros. Chaidir Syam didampingi Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, menyampaikan rasa bahagianya karena jauh sebelum Ranperda Literasi ditetapkan DPRD Maros, geliat dan aktivitas kegiatan literasi di kabupaten Maros telah ditunjukkan oleh berbagai kalangan terutama dari pegiat literasi, tokoh-tokoh masyarakat, ibu-ibu dan satuan pendidikan.

“Saya berbahagia karena selain ide menyusun Ranperda Literasi muncul pertamakali pada 2018 tatkala saya masih menjabat ketua DPRD Maros dan teman-teman dari Komisi Tiga mencetuskan perlunya Ranperda Literasi yang pertamakali disampaikan Hj. Haeriah Rahman dan kawan-kawan” papar Chaidir Syam di depan anggota DPRD Kabupaten Maros. Chaidir Syam, yakin dengan ditetapkannya Perda Literasi Kabupaten Maros, akan memacu tumbuhnya ekosistem literasi di Kabupaten Maros.

“Semua pihak harus melibatkan diri terutama Pemerintah Kabupaten Maros, DPRD Maros dan seluruh OPD serta semua elemen masyarakat literasi mengambil peran menggerakkan tumbuhnya budaya baca di kabupaten Maros” kunci Chaidir Syam.

Ketua Pansus Ranperda Literasi DPRD Maros, Andi Muhammad Rijal Abdullah menyampaikan laporannya terkait perjalanan pembahasan Ranperda Literasi yang begitu alot dan penuh dinamika. Sementara Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir, berharap agar Bupati dan Wakil Bupati Maros bersama semua pihak terkait bisa mewujudkan Perda Pengembangan Budaya Baca di Kabupaten Maros dengan bersungguh-sungguh. “ Bukan hanya sekadar melahirkan perda, tapi pelaksanannya yang paling penting,” harap Patarai Amir.

Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, menyampaikan rasa syukurnya karena tetap setia mendampingi Pansus Ranperda Literasi DPRD Maros sejak semula menyusun naskah akademik hingga mengikuti rapat-rapat yang begitu penuh dinamika, panjang prosesnya. Sebagai Ketua Tim Ahli Ranperda Literasi, saya menyambut baik atas prakarsa dan kesungguhan Ketua DPRD Maros, Wakil Ketua DPRD Maros, Pansus Ranperda Literasi dan seluruh anggota DPRD Maros beserta staf yang begitu serius dan kompak menuntaskan Ranperda Literasi Maros menjadi Perda Literasi,” kata Ketua Tim Pendamping Literasi Kabupaten Maros ini.

- Advertisement -

Bupati Maros Chaidir Syam bersama Ketua DPRD Maros Andi Patarai Amir usai penandatanganan kesepakatan Penetapan Perda Pengembangan Budaya Literasi Kabupaten Maros, Ketua DPRD Maros Andi Patarai Amir didampingi Wakil Ketua DPRD dan disaksikan Bupati Maros Chaidir Syam dan Wabup Hj. Suhartina Bohari, menyerahkan Penghargaan kepada Ketua Tim Ahli dan Penyusun Naskah Akademik Ranperda Literasi Kabupaten Maros, Bachtiar Adnan Kusuma, anggota Irham Bijaksana, Achmad Takbir Abadi, Dr. Fadli Andi Nasif, S.H.M.H., Herman Lilo, M.Si., Dr.Quraisy Mathar, M.Hum. dan Muh. Rizki Idiris, S.H. dan Sulastri, S.H.M.H. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here