Pesantren Tahfidz Qur’an Insan Mulia, Menghafal Qur’an di Kawasan Nyaman

0
137

PINISI.co.id- Pesantren Tahfidz Al-Quran Yayasan Fajar Insan Mulia pada Senin (6/1-20) lalu memulai kegiatan belajar mengajar setelah libur selama 2 minggu. Kegiatan diawali dengan pertemuan para orang tua dan wali santri, Sabtu (4/1-20). Selain membagikan raport, diadakan pula dialog  antara pengasuh pesantren dengan wali santri terkait  pelaksanaan pendidikan, dan laporan dari para orang tua selama mendampingi anaknya libur di rumah.

Hadir dalam pertemuan tersebut Pengasuh Pondok Ustadz Hermansyah, Kepala Pesantren Drs. Yosri Fajar dan Wali Kelas. Pada acara silaturahim ini para orang tua menjelaskan kemajuan anaknya dalam ibadah, shalat berjamaah di masjid, disiplin membaca Al-Quran dan akhlak pergaulan sehari-hari.

“Kalau anak saya bisa membagi waktunya mempraktekkan apa yang diajarkan di pesantren dan waktu bermain,” jelas salah seorang orang tua santri.

Pesantren Tahfidz Al-Quran Insan Mulia selain mengajarkan ilmu keislaman seperti hadist, tafsir, fiqh, bahasa Arab, sejarah Islam, tahfidz, tahsin dan lainnya, juga mendidik dan mempraktekan shalat berjamaah, shalat sunnah, puasa sunat,  zikir, dan  tilawah.

Termasuk komponen penting, para santri juga dididik untuk mempraktekan  akhlakul karimah (akhlak mulia) dan diberikan penilaian dalam raport  yaitu adab di masjid, adab di kelas, adab di asrama, adab di lingkungan, adab berbicara dan halaqoh tarbiyah.  “Namun, fokus dan tujuan utama  pesantren adalah melahirkan santri yang hafidz Qur’an,” jelas Ustadz Yosri Fajar.

Selain materi pendidikan Islam, para santri juga mendapatkan kegiatan ekstra kurikuler seperti pramuka, kegiatan berenang dan olah raga sepakbola yang rutin dilakukan di pesantren.

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Insan Mulia berada di bawah Yayasan Fajar Insan Mulia. Lokasinya terletak di Desa Sasak Panjang, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari kawasan Parung.

Hadir di tengah perkampungan penduduk dengan suasana yang tenang, udara segar dan nyaman, jauh dari suasana bising dan jalan besar. Atmosfir ini sangat mendukung bagi santri tahfidz Qur’an sehingga bisa konsentrasi menghafal ayat-ayat suci Kalamullah.

Memiliki lahan yang cukup luas, saat ini Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Insan Mulia telah berdiri asrama, sebuah masjid dan gedung kegiatan belajar mengajar. ‘’ Kami mempunyai perencanaan ke depan untuk mengembangkan pesantren ini lebih besar dan maju lagi,” jelas Ustadz Yosri Fajar. [Arfendi]   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here