Pertemuan Tingkat Tinggi Negara Sahabat G 20 di Tengah Krisis Ekonomi Global dan Ancaman Peperangan

0
497
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

WELL come to Bali lndonesia.

Discover together and discover strongger …

Dengan spirit kebersamaan dalam menghadapi tantangan krisis ekonomi global, Indonesia menjalankan misi amanah itu sebagai pemimpin dan tuan rumah penyelenggara
G 20 yang dibuka 15 November 2022 di Nusa Dua Bali.

Empat hal penting yang dihadapi dalam pertemuan G 20 itu ialah recovery pandemi Covid 19, krisis ekonomi global, mendorong perdamaian Rusia dan Ukraina dan pencegahan ekspansi Australia ke wilayah NKRI/Pulau Pasir.

- Advertisement -

Intinya untuk bersama menciptakan pemulihan ekonomi global, kesehatan dan perdamaian.

KTT Asia Afrika 1955

ENAM puluh tujuh tahun yang silam, Indonesia telah mengukir sejarah yang berinisiatif mempertemukan para Kepala Negara tingkat Asia dan Afrika untuk menggalang solidaritas persatuan untuk kemakmuran bersama dan perjuangan kemerdekaan di kawasan Asia Afrika.

Menjamu Tamu Negara Sahabat

INDONESIA dikenang dan dirindukan bukan hanya karena keindahan alam dan keragaman budaya, adat istiadatnya, lebih dari itu karena kesantunan yang memuliakan tamunya.

Menyaksikan penyambutan via televisi, tamu Kepala Negara di Nusa Dua Bali.
Nampak Presiden Joko Widodo begitu sumringah menyalami setiap tamunya, ada yang berpelukan, berdialog, foto bersama lalu diantar masuk ke ruangan.

Presiden Joe Biden yang datang terakhir dengan pengawalan ketat.

Momen itu sungguh menggugah keharuan dan kebanggaan dengan perikatan persahabatan antar Kepala Negara dan Presiden Joko Widodo mewakili 270 juta jiwa rakyat Indonesia.

Tradisi budaya bangsa kita seperti ini ditemui disetiap perhelatan pernikahan.

Pertemuan penting bersejarah itu telah dimulai dan dihadiri para Kepala Negara minus Vladimir Putin Presiden Rusia yang mewakilkan kepada Menteti Luar Negerinya dan Ukraina pun hadir secara virtual.

Penyaksian momentum bersejarah itu bagi bangsa, begitu berarti bagi yang menyaksikannya, yang belum tentu dapat menemukannya di waktu lain.

Semoga KTT G 20 ini sukses menghasilkan kabaikan kemaslahatan dan perdamaian bagi seluruh bangsa, aamiin.

Legolego Ciliwung 15 November

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here