PCBM II Pagi Ini, Prof Najma Mosa: Syekh Yusuf Al-Makasari Inspirator Nelson Mandela Melawan Apartheid

0
536
- Advertisement -


PINISI.co.id- Pertemuan Cendekiawan Bugis-Makassar II akan dibuka oleh Dewan Kehormatan KKSS M Jusuf Kalla pagi ini pukul 8.30 WIB yang digelar secara hibrida yaitu luring dan daring di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (7/11).

Turut menjadi penyaji Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti dan Syahrul Yasin Limpo yang keduanya  adalah Dewan Kehormatan KKSS.

Pada sesi lainnya Prof. Dr. Najma Moosa, akan tampil membahas  Syeikh Yusuf Al-Makassari (1626-1699).

Menurut Moosa, Syeikh Yusuf adalah sufi besar dan pejuang kemerdekaan Indonesia dan Afrika Selatan, telah memberikan inspirasi dan spirit perjuangan pada Nelson Mandela (1918-2013), Presiden Afrika Selatan tahun 1994-1999 untuk melawan rasisme: perbedaan warna kulit dan kelas sosial (Apartheid). Ketika keluar dari penjara, Nelson Mandela mengunjungi kuburan dan mendoakan Syekh Yusuf. Syekh Yusuf telah mendapatkan dua gelar Pahlawan Nasional dari Pemerintah Afrika Selatan dan Indonesia.

Prof. Najma adalah guru besar dan akademisi yang berlatar belakang ilmu hukum di University of the Western Cape, Afrika Selatan. Dia mengaku sudah lama mengagumi dan meneliti pemikiran dan pengaruh Syekh Yusuf. Di Afrika Selatan, ada jejak perjuangan Syekh Yusuf, ada kampung Makassar, ada keturunan dan pengikutnya, dan pengaruh pemikiran ajaran Islamnya masih terasa.

- Advertisement -

Pikiran-pikiran Prof. Najma akan dituangkan dalam Makalah. Sebagai pengantar ia telah mengirimkan Panitia PCBM-2 “Abstrak” atau “Pengantar” Makalahnya: Dia menulis:

This paper reflects on Shaykh Yusuf’s stay at the Cape, his role, if any, in the establishment of Islam in South Africa, and his influence on the leadership role of the South African struggle icon Nelson Mandela some 300 years later.” [Makalah ini mencerminkan masa tinggal, peran, dan penyebaran Islam di Afrika Selatan oleh Syekh Yusuf serta pengaruh kepemimpinannya terhadap ikon perjuangan Afrika Selatan, Nelson Mandela, 300 tahun kemudian].

Seperti apa pengaruh Syekh Yusuf pada pemimpin nasional Afrika Selatan? Ini akan dikupas oleh Prof. Najma Moosa pada Seminar Internasional: Pertemuan Cendekiawan Bugis-Makassar-2 yang akan digelar secara offline (tatap muka) di Gedung Theater Perpustakaan Nasional, Jalan Merdeka Selatan, dan online (via Zoom) pada hari Senin, 7 November 2022. Jangan lewatkan kesempatan emas ini bertemu puluhan tokoh, guru besar, dan ratusan sarjana pecinta pemikiran Syekh Yusuf Al-Makassari dan Raja Ali Haji akan berkumpul dan bersilaturahmi bersama.

Acara ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-46 BPP KKSS, kata Prof. Awaluddin Tjalla, Koordinator PCBM-II dalam beberapa kali kesempatan.

(M. Saleh Mude)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here