OSIP Ponpes Abu Bakar WI Bulukumba Sukseskan Lomba Hidzul Qur’an Tingkat Wustha

0
342
- Advertisement -

PINISI.co.id- Organisasi Santri Intra Pesantren (OSIP) Ponpes Abu Bakar Ash Shiddiq Wahdah Islamiyah Kabupaten Bulukumba berhasil menyukseskan kegiatan Lomba Hifdzul Qur’an Kelas 1 Tingkat Wustha (SMP) yang diberlangsungkan di Masjid Umar bin Khattab . Hasil dari lomba tersebut berhasil mencetak 3 juara Hafalan Al Qur’an Terbaik diantara peserta lainnya, lomba ini sendiri dikhususkan kepada santri kelas 1 tingkat Wustha bagi yang ingin ikut berpartisipasi (Ahad, 30 Oktober 2022).

Menurut Muhammad Zuhroni selaku Ketua OSIP Ponpes Abu Bakar, kegiatan ini merupakan implementasi dari program kerja Divisi Dakwah OSIP sebagai bentuk Muraja’ah (Evaluasi) dan Penghargaan kepada para santri yang telah menyelesaikan hafalannya.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ketua Divisi Dakwah atas nama Muhammad Ilhan dan Wakilnya atas nama aras Al Munawwir , juga selaku Panitia dan Juri dalam Lomba Hifdzul Qur’an ini kak,” ujarnya.

Dalam penjurian, point yang dinilai oleh Juri adalah Kelancaran, Tajwid dan Qira’ah. Sistem Lomba yang dilakukan adalah tanya jawab terkait ayat kemudian menyambung ayat yang dibacakan.

Menurut Zuhroni, kegiatan Lomba ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan dimana kedepan akan diadakan Lomba Hifdzul Qur’an untuk kelas 2 Wustha dan seterusnya.

- Advertisement -

“Untuk saat ini kami masih mengadakan Lomba untuk Internal Pondok kak, Insyaallah secara berkelanjutan akan kami lakukan Lomba ini ke kelas kelas selanjutnya dan kemungkinan akan kami lakukan hingga tingkat Ulya (SMA) kak,” lanjutnya.

Ada 3 peserta yang keluar sebagai juara pada Lomba hafalan Al Qur’an kelas 1 Tingkat Wustha ini, antara lain : Naufal Syamil Sarmadi (Juara 1), Ubay Abdul Hayyi (Juara 2), Umair (Juara 3).

Santri asal Jl. Matahari Caile, Ujung Bulu yang berumur 13 tahun dan berada di kelas 1 Wushta yang akrab disapa Naufal ini mengungkapkan pengalamannya terkait lomba tersebut.

“Kegiatan berlangsung jam 10 kak, selesai sebelum Shalat Dhuhur. Saya merasa persaingan dalam lomba ini sangat ketat kak, terlebih saat melihat Ubay tampil,” ungkapnya.

“Saat Ubay tampil, berat rasanya untuk berharap bisa mendapatkan posisi pertama kak. Secara keseluruhan, baik kelancaran hafalan maupun ketepatan Makharijul Huruf saya pribadi merasa Ubay mampu untuk lebih unggul dari diri saya kak, tapi Alhamdulillah kami semua senang dengan hasil yang diputuskan oleh para Juri kak.” imbuhnya.

Ust Arsyul Ikram Ar Rasyid, S.H. selaku Kepala Sekolah Ponpes Abu Bakar Ash Shiddiq Tingkat Wustha sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan OSIP tersebut.

Menurutnya, dengan adanya OSIP di Pondok sangat membantu banyak program kerja dan sarana mengarahkan santri dalam program program yang sangat produktif.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya OSIP, Masyaallah kami hanya memberi arahan sedangkan pelaksanaan di lapangan semuanya di Cover oleh santri santri kita ini,” ungkapnya.

Ust Arsyul sendiri sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan Lomba kemarin, dimana dari kegiatan divisi Dakwah OSIP tersebut menjadi acuan para pengurus Pondok dalam melihat minat dan semangat santri dalam menghafal Al Qur’an.

“Dari sini kami bisa melihat bagaimana minat dan optimisme para santri dalam menghafal Al Qur’an. Seperti sebuah bola yang kami lempar, tinggal melihat bagaimana minat para santri dalam merespon bola tersebut,” ujarnya.

“Walau Lomba ini merupakan kegiatan perdana dari OSIP, namun Insyaallah kegiatan ini akan terus berlanjut, hingga tingkat Ulya,” lanjutnya.

Sebagai penutup, Ust Arsyul juga membuka peluang bagi para calon donatur yang ingin berpartisipasi dalam Lomba Hifdzul Qur’an ini, Insyaallah untuk lomba selanjutnya akan ada mediasi ke akun official.

“Kami membuka kepada calon Donatur yang ingin berpartisipasi dalam semarak Lomba Hifdzul Qur’an ini. Insyaallah untuk lomba selanjutnya akan kami lakukan siaran langsung, sehingga para orang tua santri dan donatur dapat melihat dan merasakan sendiri bagaimana para santri bersemangat bersaing dalam hal kebaikan,” pungkasnya.

(Ahmad Robbani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here