Muchlis Patahna: Tugas Kita Menggerakkan Organisasi dan Menjaga NKRI

0
130

PINISI.co.id- Umat Islam Indonesia telah menutup Ramadhan dengan shalat Ied di lapangan dan masjid.

Menurut Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna, kita bersyukur di hari terakhir bulan Suci Ramadan, kita semua keluar sebagai pemenang, pantaslah kita mengumandangkan takbir mulai malam ini, mulai dari Papua, Papua Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sumatera, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, hingga Provinsi Aceh, dan terpenting kita akan mendapat tausiyah dari Dr. H. Syakir Jamaluddin.

“Acara ini digagas oleh Departemen Kerohanian, Dr. M. Ramli Massenge, di bawah koordinasi Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, salah satu Wakil Ketua Umum,” kata Muchlis Patahna.

Prof. Awaluddin telah mengadakan 10 kali kuliah Ramadan secara online, Zoom, menampilkan Prof. Dr. KH. M. Nasaruddin Umar, Prof. Alwi Shihab, Dr. Shamsi Ali, Dr. Ir. M. Jafar Hafsa.

“Mari kita terus menggerakkan roda organisasi KKSS, kita memiliki potensi beragam, ada pedagang, politisi, akademisi, dan ulama, dan tokoh masyarakat. Tugas kita bersama adalah menjaga NKRI,” jelas Muchlis Patahna.

Dr. H. Syakir Jamaluddin mengawali tausiyahnya dengan mengajak Jemaah Zoom KKSS untuk merenungkan puncak dari Ramadan adalah membentuk manusia yang bertakwa, yakni orang yang dapat memelihara dirinya, hubungannya dengan Allah, dan makhluk lain atau alam.

Yang terpenting bagi orang yang kita, setelah mendapat predikat takwa di ujung Ramadan adalah terus menjaga dan melanjutkan kebiasaan baik itu setelah Ramadan, misalnya selalu menyempatkan diri tadarus, membaca dan memahami kandungan Al-Qur’an, rajin berzikir dan bersedekah, dan memiliki kesabaran yang tinggi. Sebagai perantau, budaya emosional (pambambangeng na-tolo) harus dikurangi, agar orang non-Sulawesi Selatan menaruh hormat kepada kita. Dan jika kita mati besok, apakah kita yakin masuk surga? Jika pun masuk neraka, jangan lama. Karena itu, tugas kita menjaga predikat takwa kita, kata Syakir Jamaluddin.

H. Alimuddin Latief, Ketua terpilih BPW KKSS Kalimantan Timur mengomentari acara malam takbiran yang digelar oleh BPP KKSS secara virtual semalam, dengan mengatakan bahwa, “acara itu berjalan lancar dan sukses, cukup berkesan, mempererat tali silaturahim kita. Semoga kita semua mendapat rahmat dan berkah di ujung Ramadan ini dan kembali dipertemukan pada Ramadan berikutnya. Semoga KKSS semakin harmonis dan semakin jaya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Acara Malam Takbiran BPP KKSS digagas oleh Ketua dan Anggota Departemen Kerohanian, pimpinan Bapak Dr. M. Ramli Massenge dan Koordinator Prof. Dr. Awaluddin Tjalla.

(M. Saleh Mude)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here