Muchlis Patahna: Selamat Jalan Om Palaguna

0
410
Muchlis Patahna saat membesul Zainal Basri Palaguna di rumah sakit Juli 2019.

Muchlis Patahna: Selamat Jalan HZB Palaguna

PINISI.co.id. — Salah satu putra terbaik Sulawesi Selatan, Mayjen TNI (Pur) HZB Palaguna telah berpulang ke rahmatulah, pada 2 Oktober 2019 di Makassar.

Semasa menjabat Gubernur Sulawesi Selatan periode 1993-2003, Palaguna kerap menghadiri perhelatan yang diselenggarakan Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP-KKSS) baik di Makassar maupun di Jakarta.

Banyak yang tak mengetahui, mantan Panglima Kodam Wirabuana itu, adalah kerabat dekat dengan Wakil Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna, yang menyempatkan diri menemui Palaguna pada Juli 2019 usai menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-19 di Makassar.

“Saya sempat bersilaturhami ke beliau. Ternyata itulah pertemuan terakhir. Saya memiliki hubungan darah dengan almarhum,” kata Muchlis.

Dalam pertalian keluarga, Muchlis menyapa Palaguna dengan panggilan Om. Di pertemuan terakhir itu, Muchlis memohon doa restu maju sebagai kandidat Ketua Umum BPP KKSS.

“Silakan maju, kamu itu memiliki bakat genetik sebagai pemimpin,” kata Palaguna.

Palaguna dilahirkan di Enrekang, 9 Maret 1939. Wafat di usia 80 tahun. “Kedua orang tua Palaguna berasal dari Bone dan Soppeng, Puang Pallaguna berasal dari Lapri, Bone, memperistri putri Datu Soppeng, lahirnya ZB Palaguna,” kata Muchlis Patahna. 

Di mata Muchlis, Palaguna adalah mantan Pangdam dan Gubernur Sulsel yang hebat, berkarakter, dan memahami nilai-nilai budaya Bone-Soppeng.

“Selamat jalan Om. Insya Allah generasimu akan meneladani karaktermu, maccannamalempu, warani namagetteng.”

(M. Saleh Mude, aktivis KKSS & Kontributor PINISI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here