Muchlis Patahna: KKSS Bisa Bubar Kalau Berpolitik Praktis

0
397

PINISI.co.id- Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna kembali mengingatkan kenetralan KKSS dalam politik. KKSS ditegaskan, bisa bubar jika organisasinya berpolitik praktis, sebab banyak pengurus KKSS merupakan anggota dari berbagai partai. “Jadi keragaman justru menyatukan KKSS. Karena itu KKSS tidak partisan dan bukan perpanjangan dari partai tertentu,” tandas Muchlis.

Muchlis menekankan hal itu saat memberi sambutan pada Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-22 di Hotel Claro, Makassar, Sabtu, (14/5/2022).

Ini senada dengan pendapat Ketua Dewan Kehormatan KKSS Jusuf Kalla yang menyindir para saudagar yang terjun ke politik. “Padahal sumber daya politik itu dari pedagang,” jelas Kalla.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Muchlis memaparkan struktur kepengurusan KKSS meliputi 34 wilayah provinsi, 217 kota/kabupaten, dan 8 luar negeri dengan sekitar 15 juta warga.

“Dengan potensi sebesar itu, KKSS adalah organisasi yang mumpuni untuk mendukung pembangunan nasional,” ujarnya menunjuk profesi saudagar yang dapat memberi kontribusi bagi bangsa.

Karena itu, tujuan PSBM, kata Muchlis, selain untuk merekatkan tali silaturahmi juga membangun kolaborasi antarsaudagar dalam mengembangkan bisnis.

Adapun tantangan ke depan, menurut Muchlis, adalah bagaimana era digitalisasi ini memberi peluang baru bagi saudagar untuk mengkreasikan berbagai jenis usaha untuk memberi kontribusi bagi masyarakat sekitarnya.

“PSBM perlu menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan teknologi agar saudagar KKSS semakin berkembang, maju, dan semakin tangguh,” pungkasnya. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here