Menparekraf Harapkan Kawasan Jababeka Movieland Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Insan Perfilman

0
1172
- Advertisement -

PINISI.co.id- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan kawasan Jababeka Movieland yang dikembangkan di Cikarang, Jawa Barat, mampu meningkatkan kesejahteraan insan perfilman di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno usai meresmikan Kawasan Movieland di Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (8/7/2023) menjelaskan kawasan tersebut berpotensi memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Dengan adanya produksi film yang aktif, kawasan ini bisa menjadi sumber lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

“Hari ini kita torehkan sejarah. Movieland Cikarangwood diresmikan dan seperti yang telah disampaikan oleh Slamet Rahardjo Djarot bahwa kita memiliki infrastruktur yang diharapkan mendorong percepatan industri perfilman yang sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dengan jumlah penonton film lebih banyak dari film asing sebesar 54 juta penonton pada 2022,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Menparekraf Sandiaga pertumbuhan industri film akan membawa dampak positif pada sektor-sektor terkait, seperti pariwisata, perhotelan, dan jasa pendukung lainnya. Dan juga diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para pelakunya.

“Infrastruktur ini bukan hanya menekan ongkos produksi yang diperkirakan bisa mencapai 20 persen, memudahkan perizinan, dan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para insan perfilman,” ujarnya.

- Advertisement -

“Mari dukung terus perfilman Indonesia untuk semakin berkembang dan berdaya saing hingga mampu mendunia dan menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi kekuatan perekonomian nasional,” kata Menparekraf Sandiaga.

Selain peresmian infrastruktur hadir pula beberapa pelaku film tanah air yang diberi apresiasi dalam bentuk star of fame seperti Slamet Rahardjo Djarot, Niniek L. Karim, Rina Hasyim, Joko Anwar, dan Jajang C. Noer.

Pada kesempatan yang sama Founder dan Chairman PT Jababeka SD Darmono mengatakan peresmian ini menjadi bukti komitmen untuk mendorong industri film dan televisi di Indonesia.

“Kami mengapresiasi dukungan dari pemerintah untuk membuat ekosistem perfilman di Jababeka Movieland agar lebih berkembang dan diharapkan bisa sejajar dengan Hollywood dan Korea,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya dan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenprekraf/Baparekraf Rizki Handayani. (Syam)

I

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here