M.Luthfie Hakim Dt.Pangulu Kayo Nan Putiah, Nakhoda Baru IKB

0
1138
M.Luthfie Dt.Pangulu Kayo Nan Putiah (kemeja putih) didampingi Tim 5 mengumumkan kepengurusan IKB 2020-2023.

PINISI.co.id- Organisasi peguyuban IKB (Ikatan Keluarga Balingka), Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam,  Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (30/8/2020) bertempat di Balerong Balingka,Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengadakan acara silaturahmi dan pergantian kepengurusan untuk periode 2020-2023.

Ketua umum  baru yang terpilih adalah M. Luthfie Hakim Datuk Pangulu Kayo Nan Putiah. Acara dihadiri warga Balingka sejabodetabek. Selain pemberitahuan terpilihnya ketua umum.baru, acara juga diisi ceramah agama yang juga disampaikam M.Luthfie Hakim,SH, MH.

Sedianya acara ini dilaksanakan Maret 2020 lalu, namun sempat tertunda karena wabah Covid-19 dan masyarakat dilarang melakukan kegiatan keramaian untuk mencegah penyebaran virus.

Luthfie Hakim terpilih oleh Tim 5 yang terdiri dari M. Luthfie Hakim, Edwal Dt Rajo Gampo Alam, Thomas Dt Tan Kabasaran, Yusrizal St Makmur dan Risneldi St Syarif. Luthfie Hakim didampingi pengurus harian Wakil Ketua Yusrizal St Makmur, Wakil Ketua Risneldi St Syarif, Bendahara Umum Muhammad Irfan St Makmur, Sekretaris Wirzal St Pamenan, Pengawas terdiri dari Thomas Dt Tan Kabasaran, Edwal Dt Rajo Gampo Alam, SH, Sumarno Yunus, Azwar St. Pamuncak. Hasil keputusan ini kemudian diumumkan dan diminta persetujuan warga. Selanjutnya, setelah terbentuk kepengurusan lengkap akan disampaikan ke Badan Pendiri IKB untuk mendapatkan persetujuan dan dilakukan pelantikan.

Bagi Luthfie, terbentuknya kepengurusan ini menandakan adanya kerinduan warga Balingka untuk bersatu, untuk hidup berlapang dada. “Awak ko badunsanak (kita ini bersaudara). Bagaikan bangunan kita harus saling topang menopang,” ujarnya. 

Alumnus Universitas Gajah Mada ini yang bergelar St. Jamaris, adalah seorang pengacara terkenal di Jakarta. Merupakan Managing Partners Kantor M.Luthfie Hakim & Patners. Dikenal sebagai advokat spesialis bidang kesehatan dan kedokteran. Lutfhie juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Himpunan Advokat Spesialis Rumah Sakit (PP HASRS).

Selain pengacara, Luthfie juga konsultan hukum banyak rumah sakit besar  di Jakarta, Surabaya, Bekasi dan Tangerang. Luthfie juga dosen dan pendidik bidang hukum di perguruan tinggi negeri terkemuka  di Jakarta dan Jogja. Selain aktif sebagai mubaligh dan berdakwah, Luthfie menjabat Sekretaris Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Pusat.

Adapun IKB adalah organisasi peguyuban warga Balingka yang ada di Jakarta. Cikal bakalnya berasal dari perkumpulan kongsi kematian tahun 1960-an, dimaksudkan untuk tolong menolong  bagi warga yang terkena musibah.

Pada tahun 1980 warga Balingka berhasil membeli sebidang bangunan dan tanah di Jln   H. Abdul Jalil Raya, Karet Tengsin ,Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari bangunan dan rumah sederhana kini menjadi gedung pertemuan yang layak bagi kegiatan dan aktivitas warga Balingka. Di gedung yang disebut Balerong Balingka ini semua aktivifas warga dilaksanakan di antaranya pengaian rutin sebulan dua kali, perhelatan nikah, rapat-rapat dan lain sebagainya.

IKB sekarang ini sudah terdaftar sebagai badan hukum. Nama organisasi ini telah mengalami perubahan beberapa  kali, awalnya Persatuan Warga Balingka (PKB), kemudian menjadi Yayasan  Surau dan Balerong Balingka (YSBB),terakhir nama  IKB bertahan hingga saat ini.

Tinggalah kampuang Ranah Balingka Gunuang Singgalang lai manjago Jiko taragak nak basuo. Di Balerong Balingka kito basamo. [Arfendi].
       
       
       
       
       

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here