Lelaki dari Negeri Seberang

0
208
- Advertisement -

 

Kolom Bachtiar Adnan Kusuma

Lelaki dari Negeri seberang begitu istilah yang penulis berikan kepada M.Kh. Rachman Ridhatullah, M.Si. ketua satu Gerakan Pembudayaan Minat Baca[GPMB], mantan Ketua DPD GPMB Provinsi Jawa Barat. Selain dikenal penggerak literasi di Jawa Barat, Rachman Ridhatullah adalah penulis dan penerbit.

Yang jelas, penulis tegaskan kalau sosok Rachman ini menarik. Selain dikenal humble, humanis, penyuka bergaul dan silaturahmi, ia juga suka merajut silatirahmi dari berbagai aktivis literasi di Indonesia. Begitu penuls mengirimkan kabar kalau penulis berada di Jakarta selain menghadiri Ngopi Sewarung ala Kang Uten Sutendy di Gallery City Tangerang, penulis juga bertemu dan berdiskusi panjang dengan Bang Deputi Dr.Adin Bondar, M.Si. Sontak Rachman menemui penulis di bilangan Thamrin Jakarta Pusat. Selang beberapa waktu, Rachman bersama istri mengabarkan penulis jika telah tiba di Jakarta, setelah melakukan perjalanan dari Bandung ke Jakarta.

Menariknya, selain bertemu, mengadu ide dan gagasan terkait literasi, kami berdua sepakat merealisasi ide, diksi menjadi sebuah Aksi. Benarlah Literasi berawal dari Diksi, berakhir pada Aksi. Terima kasih Rachman Ridhatullah, Lelaki dari Seberang bertemu Lelaki dari Timur…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here