KKSS Kanada Dikukuhkan, KBRI Ottawa Siap Fasilitasi KKSS Kanada, Pesan JK Tetap Menjaga Spirit Siri

0
1120
- Advertisement -

PINISI.co.id- Di pengujung musim gugur, lagu Indonesia Raya dan mars KKSS mengawali pelantikan KKSS Kanada yang dikukuhkan secara virtual oleh Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna, pagi waktu Kanada, dan Jumat malam (6/11/20) waktu Indonesia,   

Sekretaris Jenderal KKSS Abdul Karim membacakan surat keputusan dan susunan Pengurus Perwakilan Luar Negeri KKSS Kanada.

Dipandu Ririn Andiana, yang mengutip pappaseng  Bugis, — pada intinya mengajak warga KKSS Kanada untuk saling menguatkan.

Ketua KKSS Kanada Ida Rafiqah mengatakan semula acara akan live di Ottawa, namun situasi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan acara dihelat dengan temu langsung.

Anggota Kehormatan KKSS Kanada yang juga Duta Besar RI untuk Kanada Abdul Kadir Jailani menyemangati, bahwa pandemi tidak boleh membuat kita mundur dan sebaliknya kita harus maju, berjalan seperti yang tercermin dari peresmian KKSS Kanada.

- Advertisement -

“Keberadaan KKSS Kanada merupakan langkah strategis dan visioner. Saya melihat kehadiran KKSS Kanada dapat menjadi mitra KBRI Ottawa dengan masyarakat Kanada,” kata Jailani.

Menurut Jailani, hubungan bilateral Indonesia dengan Kanada perlu terus didorong dan ditingkatkan dalam konteks hubungan kedua negara.

“KKSS dapat mengembangkan aspek sosial dan budaya. Karena itu penting promosi budaya dan bahasa Indonesia di Kanada. Kebetulan Ketua KKSS Kanada Ibu Ida lewat Irshad Global telah membuka kelas bahasa Indonesia secara online dari TK hingga Menengah,” ujar Jailani.

Selain itu, kata Jailani, perlu penguatan karakter yang moderat dan toleran bagi warga KKSS Kanada. “KKSS yang melingkupi beragam agama dan budaya dapat menjadi cermin kemajemukan bangsa yang dinamis. KKSS Kanada dapat mengambil peran dalam isu kemasyarakatan dan peningkatan kapasitas,” pesannya.

“KKSS dapat menjadi jembatan informasi bagi kewirausahaan untuk tumbuh dan berkembang. KBRI Ottawa siap membantu dan memfasilitasi kegiatan KKSS di Kanada,” katanya menambahkan.

Sementara Ketua Dewan Kehormatan KKSS Jusuf Kalla mengajak warga KKSS di Kanada untuk tetap berkiprah walau di tengah pandemi. “Anda yang di Kanada, bukan lagi warga Sulsel, akan tetapi warga Kanada berasal dari Sulsel, yang harus menyesuaikan dan memenuhi aturan, etika, dan pergaulan sebagaimana orang Kanada. Namun ciri khas dan identitas sebagai orang Bugis Makassar, selalu harus dijaga. yaitu berani berbuat, malu kalau tidak berhasil.”

“Kita harus pandai membawa diri, tetap bekerja keras, dan spirit siri’ harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” pesan Kalla   

Menurut Kalla, dunia menghadapi goncangan krisis, dan Indonesia baru saja mengalami resesi ekomomi. Jangan merasa kecil hati karena seluruh dunia juga demikian. “Jadi ini bukan kesalahan pemerintah, karena situasi pandemi yang menyebabkan kondisi ini. Tentu dengan semangat kita tetap berusaha, dan berharap agar pandemi bisa kita atasi,” kata Kalla.

Selain, diikuti warga KKSS Ottawa dan Montreal, acara juga diikuti oleh sejumlah pengururs KKSS di daerah.

Dalam waktu dekat, KKSS Kanada akan mendata program kerja antara lain membuka akses pasar produk Indonesia di Kanada, selain menggarap bidang pendidikan dan kesehatan.

“Warga KKSS Kanada berasal dari Bugis Makassar, Mandar dan Toraja. Kita akan berbuat yang terbaik buat KKSS,” ujar perempuan asal Soppeng ini, penuh semangat. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here