Ketua Akumindo Ikhsan Ingratubun: Produk Impor Bakal Ancam Pasar UMKM

0
159
Ketua Umum Akumindo Ikhsan Ingratubun dan Ketua Departemen Koperasi dan UMKM BPP KKSS.

PINISI.co.id- Di Twitter riuh dibahas mengenai tagar #SellerAsingBunuhUMKM. Menanggapi itu, Menteri Koperasi dan UKMTeten Masduki berencana akan memanggil salah satu pemain e-commerce, Shopee. 

Dalam postingan di Twitter tersebut ,disebut-sebut ada salah satu seller yang berasal dari China dengan nama Mr Hu yang menjual berbagai produk kebutuhan rumah tangga dengan harga yang murah. Hal ini dianggap akan menjatuhkan peluang UMKM untuk kembali bangkit. 

Terkait hal itu, Ketua Umum Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun, mengatakan salah satu konsekuensi dari berbagai perjanjian perdagangan bebas yang telah ditandantangani pemerintah adalah Indonesia menjadi target passar produk dari negara lain.

“Dengan adanya aktivitas secara digital, pasti terjadi perdagangan lintas negara. Masuknya produk-produk impor bakal mengacam UMKM yang belum mampu berkompetisi, “ kata Ikhsan yang juga Ketua Departemen Koperasi dan UMKM Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) ini.

Seperti dikutip Kompas, Sabtu (20/2/21) Ikhsan lebih jauh menuturkan, bahwa komitmen pemerintah memprioritaskan produk lokal dalam pembelian atau pengadaan belanja saat ini dibutuhkan untuk menyerap produk UMKM. Langkah tersebut sekaligus dapat menginspirasi konsumen dalam negeri untuk membeli dan mencintai produk UMKM Indonesia.

Sementara itu Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics Indonesia Mohammad Faisal mengemukakan bahwa dari berbagai faktor yang selama ini menjadikan produk impor murah karena industri kecil, sedang dan besar di negera asal lebih terintegrasi sehingga mampu memperbesar skala ekonomi.

Karena itu, menurut Faisal, isu peningkatan daya saing produk dalam negeri cepat direspon agar dampaknya tidak semakin parah bagi UMKM, yang sudah terpukul akibat pandemi yang sudah berjalan setahun. (Lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here