Kenangan Manis KKSS Bersama Ibunda Presiden Jokowi yang Berpulang Selamanya

0
639
Ibunda Presiden Jokowi (duduk tiga kiri) bersama Ketua KKSS Jawa Tengah Musdalifah Pangka (dua kiri) saat menunaikan ibadah umrah.

PINISI.co.id- Berbagai kenangan manis warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), terutama buat KKSS Jawa Tengah dengan Ibu kandung Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Widjiatno Notomihardjo, yang wafat pada usia 77 tahun di rumah sakit DKT, Solo, pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 waktu setempat.

Terkhusus lagi bagi Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS Jawa Tengah, Musdalifah Pangka, di mana sang suami masih sekerabatan dengan Presiden Joko Widodo.

Pasalnya, berbagai acara yang dihelat oleh KKSS Jawa Tengah, almarhumah Ibu Sudjiatmi kerap menyempatkan waktu untuk hadir. Terkini saat Pembukaan Musyawarah Besar KKSS di Solo, 16 November 2019 lalu. “Terakhir saya ketemu dengan almarhumah pada saat Mubes KKSS di Solo,” kenang Ariefuddin Pangka, Wakil Ketua Umum KKSS. 

Semasa hidup, Ibunda Sudjiatmi aktif di berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Di KKSS Jawa Tengah, almarhumah membuka acara Festival Kuliner Sulawesi Selatan dengan pelepasan balon dan pemotongan rangkaian bunga melati di Solo, pada 10 November 2019.   Berbagai makanan khas Sulawesi Selatan itu secara gratis dibagikan kepada masyarakat kota Solo. Ibunda Jokowi didampingi salah satu putrinya, Ida Yati yang takzim mengikuti acara hingga selesai.

Sebelumnya pula, pada silaturahmi KKSS Jawa Tengah bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di The Sunan Hotel Solo, (26/2/2019) Ibunda Presiden hadir dan bersilaturahim dengan warga KKSS bersama jajaran Pemprov Sulsel. Nurdin Abdullah terharu dan bangga atas kehadiran ibunda Jokowi di tengah-tengah warga KKSS Jawa Tengah.

Gubernur mengaku jika pemerintahan Sulsel tidak bisa sukses tanpa adanya dukungan dari warga KKSS termasuk yang berkiprah di tanah Jawa dan pulau lainnya di Indonesia.

Demikian pula semasa Syahrul Yasin Limpo  sebagai Gubernur Sulawesi Selatan — berbincang-bincang akrab dengan Ibunda Presiden pada pelantikan BPW KKSS Jawa Tengah di Hotel Lor In, Solo, (14/2/2016).

Ibunda Presiden sendiri bersama segenap keluarganya, menurut Ariefuddin Pangka telah tiga kali menunaikan ibadah umrah yang didampingi Musdalifah lewat jasa Anata Tour pada tahun 2017, 2018 dan 2019. “Pak Jokowi sendiri yang antar ke bandara sewaktu Bunda Sudjiatmi berangkat umrah,” kata Ariefuddin.

Demikian pula saat liburan di Toraja dan Enrekang, beberapa waktu lalu, pun Musdalifah yang menemani dan memandu Ibunda Presiden berlibur keliling Tana Toraja. “Tampaknya liburan saat itu sungguh dinikmati Ibunda Presiden menikmati keelokan Toraja,” kenang Musdalifah.  [Lip]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here