JK: Masjid Apung Ancol Jadi Wisata Religi

0
121

PINISI.co.id– Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla menyatakan, kebutuhan tempat ibadah bagi masyarakat menjadi kebutuhan penting. Sebab masjid mencakup kebutuhan rohaniah, termasuk masjid Apung yang akan dibangun di Ancol.

Hal itu diungkapkan JK, dalam ground breaking masjid Apung Taman Impian Jaya Ancol, (7/11/19), yang mana masjid sudah menjadi kebutuhan.  “Sekarang ini Ancol menjadi kebutuhan hiburan keluarga. Waktu wisatanya lama. Maka itu, Ini akan memperamai Ancol dan jadi wisata religi,” katanya.

“Desain masjid ini futuristik,  modern, tidak ada kubah. Memang akan ada pertanyaan, ini gedung konperensi atau apa ini. Mungkin perlu dikasi ciri khusus misal kubah satu. Biar orang  tidak bertanya-tanya,” kelakar JK disambut tawa.

Karena di pinggir pantai, lanjut JK, bangunan lebih kuat dan tidak berkarat. Selain itu akuistik yang baik. Masyarakat 80 persen datang beribadah adalah mendengarkan. Dua puluh persen  adalah untuk ibadah seperti salat dan berdoa. Akuistik tidak perlu mahal.  JK juga menyoroti tentang kebersihan yang selalu dijaga. Apalagi masjid modern sebaiknya  menyiapkan tempat wudhu hemat air. Ada sensor untuk hemat air.

Menurut JK, masjid adalah tempat ibadah, jadi yang diutamakan adalah kesyahduan. Apalagi di sini ada angin, cahaya, adalah tercermin dari arsitektur yang baik. JK pun menjelaskan kenapa masjid di Indonesia banyak karena mesjid  adalah kebutuhan pokok sebagai umat Islam. Ada masjid dekat rumah, ada masjid sekolah, masjid mal, ada masjid transit dan ada masjid di kantor.

Kenapa misalnya, tanya JK, harus ada masjid di mal, karena orang berbelanja sampai Magrib, harus ibadah dulu. Kenapa harus ada masjid di kantor, karena harus solat dulu. Apalagi kalau hari jumat harus solat jumat. Kantor sekarang ini, sore baru pulang. Beda dengan dulu, lebih cepat pulangnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa Ancol adalah tempat wisata multiaspek, kultural, ekonomi; tapi juga fungsi sosial.  “Ancol telah membuat program untuk menghadirkan saudara-saudara kita dari beberapa unsur menikmati tempat wisata  Ancol seperti kesejarahan Sunda  Kelapa, masjid Luar Batang. Hari ini kita buat masjid ini menjadi salah satu ikon di DKI Jakarta. Posisinya unik, di atas permukaan air laut, berdampingan  hamparan laut yang terbuka dan merupakan masjid apung pertama di Jakarta,” jelasnya. 

Anis berharap, masjid Apung ini akan dinikmati akhir tahun depan. Dan menjadi tempat itikaf. Dan kalau masjid ini berhasil, insya Allah bisa muncul  masjid yang lebih baik  dari ini. [PK]

Masjid Apung Ancol Jadi Wisata Religi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here