Institut Lembang Sembilan ( IL9 ) Empat Kali Berperan Serta Pemenangan Pilpres Bersama Membangun Bangsa 

0
387
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

DUA hal yang penting diamati dari judul di atas: Kelembagaan IL9 dan Visi komitnen kebangsaan ajakannya yaitu Bersama Membangun Bangsa.

Secara kelembagaan, IL9 ini sudah hadir sejak tahun 2004 dalam memberikan kontribusinya dalam kehidupan berBangsa dan berNegara.

Kelembagaan ini bersifat Organisasi Kemasyarakatan ( Ormas ) untuk kajian kajian kemaslahatan Pembangunan Bangsa.

Kelembagaan ini digerakkan dari hubungan kultural dan emosinal dari penggerak/pendirinya yang menjangkau ke seluruh wilayah Nusantara dan luar negeri.

- Advertisement -

Hubungan kultural itu adalah interaksi kebangsaan dengan seluruh Komunitas Suku Bangsa yang telah terbangun lama sejak masa kerajaan dari komunitas Keluarga Besar  Warga Kerukunan Sulawesi Selatan ( Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja) dan komunitas Keluarga Besar Sapayuang Minangkabau.

Bersama Membangun Bangsa

KALIMAT ini tidak sekadar narasi tagline, lebih jauh dari itu mengandung makna filosofi sebagai pesan ajakan untuk berfastabiqul haira dari tujuan berBangsa dan berNegara ( lihat Pembukaan Undang Undang Dasar Tahun 1945 ).

Analogi dengan itu, dalam ilmu Seni Peran, kata Bersama Membangun Bangsa itu adalah ‘ Beat ‘ … yang perlu diterjemahkan pemaknaannya menjadi panduan seorang aktor dan aktris dalam penghayatan melakoni perannya.

Apa Peran IL9 di Pilpres 2024 ini ?

PERANNYA adalah melanjutkan amanah yang telah diembannya selama empat kali Pilpres ( 20 tahun ).

Dengan cara yang lebih terukur melihat apa yang penting dibudayakan dalam kehidupan berBangsa dan berNegara saat ini, yang artinya kemenangan di Pilpres untuk tujuan kemaslahatan kehidupan rakyat yang terlindungi dan terayomi.

Bukan kepemimpinan yang menindas menganiaya dan menghilangkan hak hak kehidupan rakyat, bukan juga kepemimpinan yang terindikasi sebagai boneka/ badut yang akan menjadi pelayan kuasa oligarki kapital asing.

Dan disitulah komitmen moral perjuangan dengan kehadirannya IL9.

Terkonsolidasi Cepat

WAKTU yang ada, segera menghidupkan mesin jaringan dengan adanya kepemimpinan sebagai penggerak, mengingat kefakuman kepemimpinan selama beberapa tahun ini.

Harapan kepercayaan itu kepada tiga Kader IL9 ( Inan Riau Hasibuan, Basri Cako dan Hendry Harmen ) yang dipercayakan dapat mengemban amanah ini untuk segera mengambil langkah dan gerak tindakan untuk mengkosolidasikan segenap potensi elemen yang ada di seluruh daerah, selamat.

Bersama kita bisa dan bersama kita membangun bangsa. Aamiin.

Legolego Ciliwung 27 Oktober 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here