Insight Bachtiar Adnan Kusuma, Tentang Bunda Literasi di Bulukumba

0
170

PINISI.co.id- Tokoh literasi Bachtiar Adnan Kusuma, memberi perwajahan dan bimbingan singkat tentang peran dan fungsi Bunda Literasi, Memperkuat Ekosistem Keluarga membaca di hadapan Bunda Literasi Kecamatan Rilau Ale dan Kecamatan Bulukumpa.

Kegiatan penguatan indeks literasi kabupaten Bulukumba, digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bulukumba dibuka Kadis KDP Bulukumba, Emil Yusri didampingi Kabid Perpustakaan, Sahriana Said, dua camat yaitu camat Bulukumpa dan Rilau Ale.

Bachtiar kembali menegaskan kalau kunci penguatan literasi sumbunya berbasis keluarga. Menurut Penulis ratusan buku Biografi Tokoh Nasional dan lokal ini, indeks kemajuan literasi suatu daerah, haruslah dimulai dari setiap rumah tangga. Nah, kata Bachtiar di depan 120 orang peserta di dua titik, kalau kunci membangun budaya literasi katanya haruslah tumbuh dari ibu ibu di rumah.

Karena itu, peran Bunda Literasi di setiap desa, kelurahan, kabupaten di Bulukumba ikut mendorong tumbuhnya ekosistem literasi yang sehat dan produktif.

“Bunda literasi menjadi energi baru bagi penguatan budaya literasi di Indonesia,” kata penulis buku Parenting Literasjmi dan 13 Langkah Menumbuhkan kebiasaan membaca ini.

Dia juga membedah istilah Bunda dan Literasi, fungsi dan perannya ikut serta mendorong masyarakat gemar membaca dan menulis. Selain memberikan kiat sukses Bunda Baca dan Bunda Literasi menggelar kegiatan dengan berbasis sinergi dan kolaboratif, Bachtiar memberikan tips bagaimana mengelola kegiatan literasi agar tidak membosankan masyarakat.

Sebagian besar ibu ibu bersemangat tinggi mengemukakan pertanyaan pertanyaan menggigit yang dipimpin moderator Andhika Mappasomba. (Lif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here