Ikhsan Ingratubun: UMKM Akan Buat Kejutan di Dubai 2020

0
57
Ikhsan Ingratubun

PINISI.co.id — Peserta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia akan menjadi peserta International Expo 2012 di Dubai, 20 oktober 2020.  Keikutsertaan ini sekaligus membuka peluang investasi, eskpor dan kerjasama.

Meski setahun lagi baru digelar, menurut  Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia, Ikhsan Ingratubun, agar dapat menggaet pasar produk UMKM harus menyesuaikan diri dengan selera pasar, minimal dari sisi kemasannya. “Karena itu, kita harus persiapkan dari sekarang,” kata Ikhsan.

Ikhsan yang juga Ketua Koperasi BPP Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ini, berharap agar Keduataan Besar RI di Uni Emirat Arab memaparkan minat pasar di negara itu. Harapan dari pasar Asia, Amerika, dan Eropa juga diperlukan. Untuk memenuhi ekspektasi pasar, pemerintah diharapkan hadir untuk membina dan melatih pelaku UMKM.

Selain itu, lanjut Ikhsan, swasata juga perlu terlibat dalam menyokong modal produksi UMKM sehingga produk UMKM dapat konsisten dan berdaya saing dari sisi kualitas, kuantitas dan keberlanjutan produk.

Expo 2020 dubai adalah World Expo ke-34 bakal diikuti oleh 190 negara. “Dalam kesempatan ini pula mungkin kuliner dari Bugis Makassar bisa kita perkenalkan di sini,” kata Ikhsan yang dikenal sebagai pengusaha kuliner konro ini.

[Lip/Kompas 19/10/19]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here