Hasan Sijaya, Ajak Duta Baca Sulsel Baca Buku Mulai dari Keluarga

0
138

PINISI.co.id– Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel H.Moh. Hasan Sijaya, S.H.M.H. menerima mentor Duta Baca Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) (didampingi Duta Baca Sulsel 2021 Taufiqurahman dari Kabupaten Maros dan Finalis 4 besar Yusran dari Kabupaten Takalar, Senin (22/3/21) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Makassar.

Dalam pertemuan yang dinisiasi tokoh literasi Sulsel ini, Hasan Sijaya memberikan tips dan wejangan bagaimana menjadi duta baca Sulsel yang baik.

Menurut Hasan, sebagai duta baca Sulsel, ia berharap agar Taufiq memulai kegiatan yang tidak bersifat seremoni, tanpa diminta duta baca harus rajin turun ke masyarakat dengan menggalakan kampanye membaca. Menariknya, Hasan menekankan bahwa duta baca Sulsel sebelum mengajak orang lain membaca, sebaiknya memulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

- Advertisement -

Sebagai duta baca Sulsel, Hasan berharap duta baca dan para finalis sebaiknya memulai dari diri sendiri melakukan kegiatan-kegiatan pembiasaan membaca buku minimal satu judul buku setiap hari. Selain membangun kesadaran personal mencintai membaca buku, juga bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi orang lain.

“Saya berharap duta baca dan finalis duta baca Sulsel memulai dari diri sendiri dulu membiasakan diri membaca buku, kemudian mengajak orang lain,” tegas Hasan.

Hasan berharap, duta baca dibawah bimbingan Duta Baca Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma, memulai tugasnya sebagai duta baca dengan menggelar kegiatan membaca yang bersifat memassal dan bisa menjadi contoh yang baik bagi gerakan literasi di Sulsel. Misalnya saja dengan menggelar festival lapak buku yang menurut Bachtiar dipusatkan di Maros. “Kami berharap Maros bisa menjadi sebuah kabupaten percontohan di Sulsel, ” harap Hasan Sijaya yang juga Pembina IPI Sulsel.

Sementara Bachtiar menyampaikan terima kasih kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel yang begitu besar perhatiannya bagi tumbuhnya ekosistem gerakan literasi di Sulsel. “Kami telah melaporkan kepada Pak Hasan bahwa Duta Baca Sulsel dalam setiap kegiatannya melibatkan keluarga Duta Baca Sulsel dan Dewan Etik Duta Baca Sulsel,” ujar Bachtiar.

Selain Bachtiar Adnan Kusuma, Dewan Etik Duta Baca Sulsel adalah Yudhistira Sukatanya, Nilma, Arief dan Rezki Amalia Syafiin. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here