Soppeng Paris Van Celebes Destinasi Wisata

0
650

Kolom Fiam Mustamin

Bandung Paris Van Java …
Soppeng Paris Van Celebes …

TENTU ada alasan Hindia Belanda memberikan gelaran nama itu.

Bagaimana kita memaknai Soppeng Paris Van Celebes pada kurun waktu itu.

Orang-orang yang lahir dan dewasa di kota Watan Soppeng itu merasa bangga dan tersipu-sipu ketika ada yang menyebut-nyebut gelar kotanya.

Begitu beragam nama yang dilekatkan dengan kota perbukitan yang berhawa sejuk yang diramaikan dengan bunyi burung kelelawar yang bergelantungan di pohon-pohon pusat kota sepanjang hari hingga petang.

Kelelawar atau kalong beterbangan meniggalkan kota mencari makan diwaktu malam dan balik di waktu
subuh.

Kota yang tidak seberapa luas itu, dikelilingi oleh pegunungan dan lahan persawahan, sering juga disebut sebagai Kota Terpelajar.

Sudah saatnya orang-orang Soppeng/tau Soppegnge rewe tudang sipulung/duduk berembuk untuk bagaimana membumikan dan merealisasikan secara wujud penyebutan yang mengagumkan dan membanggakan itu, mensejajarkan kota Paris dengan kota kepulauan.

Destinasi Wisata Domestik dan Global

ADA beberapa unsur keunggulaan yang layak disejajarkan menjadi obyek wisata dunia/Indonesia Wonderful World yang dipromosikan Pemerintahan Presiden Jokowi 2014.

Hasil penelitian Hendrik Robert Van Heekeren, 1947 menemukan sejumlah peninggalan manusia purba berupa artefat alat alat batu, poleolitik dan neolitik, fosil binatang purba/vertabrata, fosil gajah, babi rusa dan kura-kura raksasa.

Ditemukan sekitar 150 buah batu pra sejarah, 300 potong fosil vertebrata di lembah Walanae.

Gua Codong di Citta menyimpan batu serpihan/flake, alat belah/blade, mata panah, tulang dan gigi manusia di waktu pra sejarah. Gua itu diindentifikasi dihuni oleh manusia purba sekitar 3.000/10.000 tahun silam.

Wija To Manurung

DIYAKINI bahwa datu/raja Soppeng adalah wija/turunan to manurung/ manusia pilihan yang diturunkan dari langit, ada yang menyebutnya turunan dewa.

La Temmamala Petta Bakkae Manurungnge Sekkanyili dilantik jadi Datu/Raja pertama Soppeng pada abad ke-12 melalui pilihan permufakatan para kepala adat, 60 Matoa yang dikepalai oleh Arung Bila.

Amanah/pesan rakyat kepada raja yang dimandataris oleh Arung Bila sebagai berikut :
Pertama, Dongiri ikkeng temmatipa, memberikan pengawasan, perlindungan , keamanan dan ketenteraman kepada rakyat.

Kedua, Salipuri ikkeng temmadingin, memberikan perlindungan dalam segala aspek kehidupan rakyat, sandang pangan. Ketiga, Wesse ikkeng temmakapa, mampu memakmurkan dan menyejahterahkan rakyat

Patut dicatat bahwa dalam demokrasi Pemerintahan Kerajaan Soppeng, WeTake Wanua (wanita) raja ke 4 di abad ke 13 memisahkan Pemerintahan Kerajaan yang esekutifnya diberikan kepada La Wadeng, Arung Bila, putra tertuanya, kerajaan kepada putra bungsunya La Makanenggga menjadi raja ke 5 Soppeng.

Wisata Rakit Menyusur Walenae ke Danau Tempe dan Sao Mario

SENSASI perjalanan wisata ke Soppeng dapat ditempuh dengan dua jalur dari Makassar.

Jalur pertama melewati pegunungan Camba dan Lamuru ke Takalala.

Lalu jalur lain melalui dataran persawahan dan pegunungan, Maros, Pangkep Tanete Barru dan Bulu Dua.

Dari dua lokasi itu dapat merancang perjalanan menyusur situs dengan rakit di atas sungai Walenae sampai ke danau Tempe melewati beberapa permukiman, Takkalala,, Pacongkan, Cangadi, Cabbengge sampai ke danau Tempe menikmati panganan ikan danau/lawa dan pasere bale, lalu home staynya di rumah-rumah adat Sao Mario untuk menikmati kuliner khas Sopppeng dan kesenian; tarian, pakkacpi, pagambusu, passure dan sebagainya.

Stay 2 hari 2 malam di Sao Mario Batu Batu dapat menjangkau potensi wisata alam pegunungan terusan Latimojong, beberapa sumber mata air terjun dan air panas.

Kawasan pegunungan wilayah Soppeng
menghasilkan kemiri/pelleng, pangi/ kaluwak dan gula merah/aren.
Sementara lahan persawahannya dengan padi/ase tanaman yang datang bersama To Manurung La Temmamala.

Selain itu, dapat mengujungi museum yang nenyimpan benda bersejarah dari pra sejarah dan kerajaan Soppeng serta lokasi jejak sejarah pra To Manurung, Petta Bulu Matanre La Pabolong dikenal Lato dan Nenek Sewo.

Tempat yang perlu dikunjungi adalah Tinco tempat munculnya To Manurung bersama tanaman padi/ase/ sangek seri.

Istana raja Salassae/Bola Ridie menyimpan potongan rambut dan gelang emas La Temmamala dan benda pusaka kerajaan lainnya dan Villa Yuliana yang dibangun ketinggianyanya sejajar dengan istana Salassae.

Gua Conan di Citta, makam raja-raja Soppeng di Jarae dan wisata alamnya yang tak kalah menakjubkan.

Bacaan: Putra Jaya MS. A. Abd. Muis La Tenridolong, Sang Patriot Tanpa Pusara,2006.

Beranda Inspirasi Ciliwung 23 April 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here