Empat Pilar: KKSS, Pemprov, Kadinda dan Pemkot Makassar Penggerak PSBM

0
431
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

TIGA belas tahun dari 23 kali penyelenggaraan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) Pemkot Makasaar proaktif menyukseskan PSBM.

Peran sertanya menjadi tuan rumah pada jamuan makan malam penutupan / farewell party. Semula di rumah dinas walikota Makassar dan belakangan di anjungan Pantai Losari.

Di malam itu, disampaikan hal-hal yang dibicarakan dan harapan pada PSBM berikutnya.

PSBM ini dikemas sebagai ajang silaturahmi saudagar se Nusantara dan beberapa negara di antaranya Malaysia, Australia, Korsel dan Kanada.

- Advertisement -

Silaturahmi tahunan pada puasa Lebaran cukup diminati dari tahun ke tahun, ada yang datang berlebaran di masing-masing daerah kampung halaman dan ada pula yang datang setelah Lebaran Idul Fitri di daerah rantau.

Silaturahmi Lebaran itu ada juga yang mengagendakan antarsesama warga rantau dengan pemerintah daerah di kabupaten setempat seperti yang dilakukan oleh paguyuban Kerukunan Keluaga Masyarakat Bone/KKMB.

Forum Bisnis Berkala

PERTEMUAN tetap tahunan itu memerlukan sebuah Tim Kerja untuk menjabarkan dan menindaklajuti dari hasil pembicaraan yang baru dilaksanakan.

Forum ini bebas dilakukan di daerah mana saja yang memiliki sumberdaya keunggulan. Sehingga pada PSBM berikutnya ada catatan rapor apa yang telah dan belum direalisasikan. Hal ini sudah pernah dilakukan sejak awal-awal PSBM. Sejatinya hal ini diteruskan oleh PSBM lanjutannya.

Serimonial PSBM

PEMANGKU hajat PSBM ini adalah yang empat pilar itu, menjadi penanggung jawabnya yang membentuk tim kerja.

Team kerja itu sifatnya permanen lima tahunan dan panitia tahunan dengan Panitia Pelaksan (OC) dan Panitia Pengarah (SC). Dengan demikian PSBM yang gaungnya sudah besar ini, penting terkelola dengan terencana dan terorganisir.

Sukses Story

PENAMPILAN sukses story (cerita sukses) dari para saudagar selalu menarik perhatian peserta PSBM yang bisa dijadikan agenda tetap.

Sukses story ini penting dipublisir dalam bentuk buku atau dokumen video untuk menjadi aset percontohan bagi kita dan generasi muda.

Legolego Kp.Baru 5 Mei 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here