Ditunggu Kontribusi Asosiasi Umbi Emas Indonesia Menyangga Ketahanan Pangan Nasional

0
813
Pembentukan pengurus ASUMSI sekaligus raker pertama.
- Advertisement -

PINISI.co.id- Tak kurang perwakilan dari 20 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan menggelar rapat kerja ASUMSI (Asosiasi Umbi Emas Indonesia, mitra petani rempah dan umbi, di resto Maduri, Makassar, Sabtu malam, (28/11/20).

Raker dipimpin langsung oleh Ketua Umum ASUMSI Dr.Ir. H. Abdul Rahman dan didampingi Sekjen Jusman Pagara, S.Sos serta sejumlah peserta dari Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

Menurut Rahman, ASUMSI berfokus pada tanaman rempah dan umbi-umbian, dan diharapkan dapat mewujudkan kemakmuran petani, agar tidak terbatas pada pemasaran lokal dan dalam negeri.

“Kebutuhan dunia terhadap rempah-rempah cukup tinggi, sementara produksi rempah tidak mencukupi kebutuhan pasar,” jelas Rahman.

Apalagi sejak pandemi, permintaan pasar luar negeri melonjak drastis. Bahkan sejumlah negara mengincar kembali rempah-rempah Indonesia yang terkenal sejak ratusan tahun lalu seperti buah pala, lada, cengkih, temulawak, hingga jahe merah.   

- Advertisement -

Karena itu, Jasman menambahkan, salah satu program konket asosiasi ini adalah semai serentak dan dikhususkan pada tanaman jahe merah yang dicanangkan setiap bulan di tiap kabupaten/ kota di Sulsel.

“Seluruh peserta dari perwakilan kabyaoetn kota antusias menyamut program ini. Kita optimis Sulsel dapat berkontribusi terhadap ketahanan pangan nasional dengan hadirnya ASUMSI,” ucap Jasman. (Ivan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here