Dari Gebyar Literasi Lampung Tengah, Mr BAK Hipnotis Peserta Menulis Buku Cepat

0
299
- Advertisement -

PINiSI.co.id- Tokoh Literasi dan penulis Nasional Bachtiar Adnan Kusuma, tampil memukau di hadapan ratusan orang peserta Gebyar Literasi Gerakan Indonesia Membaca dengan Tema Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Tengah, Bunda Literasi Lampung Tengah dan Perpustakaan Nasional, Kamis 27 Juni 2024. Acara Gebyar Literasi Indonesia Membaca dihadiri Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya baca, Nurhadi Saputra, dibuka Wakil Bupati Lampung Tengah, dr.H.

Ardito Wijaya dengan Keynote Speaker Bunda Literasi Lampung Tengah, Hj.Mardiana Musa Ahmad.

Selain menampilkan pembicara Tokoh Literasi dan Penulis Nasional Bachtiar Adnan Kusuma juga Rossie Setiawan dari Read A Aloud dan Ariningrum Sadariah Pustakawan Perpustakaan Nasional. Gebyar Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Lampung Tengah menampilkan pameran produk lokal Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, berbagai lomba membaca dan menulis.

Bachtiar Adnan Kusuma tampil pembicara epilog sesi akhir dengan judul Cara Cepat Menulis Buku, dipandu Dr. Candra Puasati, S.Pd.M.Pd. Mr.BAK tampil memukau peserta dengan gaya interaktif, dialogis menyapa peserta langsung sembari menyampaikan teknik-teknik pamungkas melahirkan karya buku dengan cepat.

Menurut Mr.BAK, menulis buku tidak perlu waktu lama. Asal saja, kata Mr.BAK direncanakan matang, niatnya untuk menulis dan tak sekadar dibicarakan, tapi penting lagi apa yang dibicarakan ditulis dan apa yang dipikirkan ditulis dan apa yang digagas ditulis. Karena hanya dengan menulis apa yang dipikirkan, dikerjakan itulah karya intelektual yang efeknya bisa memberi inspiratif bagi pembaca. “ Teori menulis tak sekadar dipikirkan, tapi dibuktikan dengan memulai menuliskannya” tegas BAK.

- Advertisement -

Lalu, caranya? Kata Mr.BAK pertama merencanakan, kedua menyusun draft, ketiga menulis dan menggambarkan apa yang telah direncanakan ditulis, keempat membuat tulisan lebih sempurna, dan kelima menerbitkan naskah tulisan.

BAK berbicara sekitar 60 menit, kemudian berdialog langsung teknis menulis buku cepat. Seperti biasa, Mr.BAK membuktikan jika literasi tak sekadar diksi, tapi penting lagi aksi. Makanya, Mr.BAK mewajibkan seluruh peserta menulis satu halaman dengan Tema Memori Tiga Tahun Bunda Literasi Lampung Tengah Mengabdi di Panggung Literasi. Dari tulisan para peserta, BAK menegaskan menerbitkan menjadi buku karya peserta Cara Cepat Menulis Buku yang dibimbingnya.

Sejumlah peserta memberi tanggapan dan apresiasi hadirnya Tokoh Literasi dan Penulis Nasional asal Sulawesi Selatan ini. Di antaranya, Staf Ahli Bupati Lampung Tengah yang juga penulis buku, Dr.Candra Puasati.” Luar biasa Mr. BAK, sangat menarik dan peserta sangat antusias.Sampai kurang waktu terpaksa penanya dibatasi” kata Candra Puasati. Dian Mahmud Rofandi, S.Pd.Gr., Guru swasta di SMP IT Bustanul ‘Ulum Terbanggi Besar menyampaikan rasa syukurnya hari ini bisa bergabung turut menyimak cara menulis cepat bersama pak Adnan. “ Saya merasa di tengah² para penulis hebat di aula tadi, semua materi yang disampaikan serta melalui tanya jawab yang luar biasa dan saya merasa dibukakan jalan oleh orang-orang yang betul-betul kompeten di bidang penulisan, sehingga tips dan trik menulis menjadi terasa lebih mudah dan menyenangkan” kata Dian. Faridah Hayatun.

Nufus,S.Pd,.M.Pd. mengungkapkan perasaannya saat mengikuti sesi Mr.BAK.” Sungguh luar biasa ,saat Mr.BAK menjelaskan tentang cara menulis dengan cepat, presentasi yang keren dan luar biasa , saya juga mencatat banyak hal hal baru dari Mr.BAK” ungkap Farida.

Sementara Bunda Literasi Lampung Tengah, Hj.Mardiana Musa Ahmad, memberikan apresiasi tinggi hadirnya Mr.BAK di Kabupaten Lampung Tengah. “ Kami di sini haus dengan ilmu, dan kami sangat puas dengan kedatangan Mr. BAK. Karena itu, kami berharap semoga kita diberikan kesehatan dan bisa kembali dipertemukan dengan acara atau kegiatan berbeda bersama Mr. BAK” kunci penutup Hj.Mardiana Musa Ahmad didampingi Sekretaris Bunda Literasi Lampung Tengah, Ibu Ina. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here