Chaidir Syam, Pompa Semangat Literasi di Roadshow DPK Sulsel

0
225

PINISI.co.id- Bupati Maros Chaidir Syam memompa semangat literasi kaum milenial Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang hadir di Roadshow Kegemaran Membaca yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel, Kamis (18/11) November 2021 di Grand Town Hall, Maros.

Chaidir Syam didampingi Kepala UPT Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Abd. Hadi, Plt. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Maros Ferdy, Plt. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pangkep, Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma (BAK), pegiat literasi Maros Iwan Dento. Sebelumnya, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Irfan AB tampil menjadi pembaca tentang Literasi dan Numreasi.

Menurut Chaidir Syam, para pegiat literasi di Maros membutuhkan spirit dan semangat yang kuat terutama mengembangkan literasi. Karena itu, Chaidir Syam menegaskan dengan hadirnya Perda Literasi Maros tak sekadar hanya kertas tulisan saja, tapi dibutukan semangat dan keterlibatan semua pihak terutama pegiat literasi bagaimana menumbuhkan ekosistem literasi yang memasal di Maros. Apalagi, Maros menurut Chaidir Syam sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu telah ditemukan lukisan tertua pada sekitar 45 ribu tahun yang lalu ada di Maros. Selain itu, Chaidir juga menggambarkan bahwa budaya literasi telah tumbuh berkembang sejak beberapa tahun yang lalu di Maros telah ditemukan DNA manusia tertua. Hal ini membuktikan bahwa budaya literasi sudah tumbuh sejak lama.

- Advertisement -

“ Saya yakin dan percaya dengan hadirnya Perda Literasi Maros adalah sangat tepat dan strategis dengan bukti-bukti sejarah yang ada menunjukkan Maros sejak masa lalu telah mengenal literasi, ” papar Chaidir Syam saat membuka Roadshow Kegemaran Membaca yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel.

Chaidir Syam menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sulawesi Selatan H.Moh. Hasan, S.H.M.H. yang telah memilih Kabupaten Maros sebagai salah satu pusat kegiatan literasi di Sulawesi Selatan.

Tokoh Literasi Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma tampil memukau dan memperoleh simpati dari ratusan peserta pegiat literasi. BAK, membedah Literasi sebagai kebutuhan pokok manusia. Selain memotivasi dan membakar semangat literasi para peserta, BAK menampilkan contoh kasus dan aktraktif dalam menyampaikan pikiran, ide dan gagasan-gagasannya yang aplikatif di depan peserta yang digadiri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Maros, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangkep.

Sementara itu, Iwan Dento, aktvis lingkungan ikut serta menyampaikan pikiran-pikirannya sebagai pembicara ketiga. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here