Chaidir Syam: Perkuat Budaya Baca Cegah Hoaks dan Pinjol

0
48
- Advertisement -

 

PINISI.co.id- Bupati Kabupaten Maros Dr.H.A.S.Chaidir Syam, S.IP.M.H. menegaskan pentingnya membentuk budaya baca di setiap satuan keluarga, satuan pendidikan dan satuan masyarakat guna mencegah munculnya berbagai informasi hoaks yang menyerang dari berbagai lini. Hanya dengan memperkuat membaca buku dari setiap satuan keluarga akan mencegah terjadinya informasi hoaks dan Pinjol (Pinjaman Online).

Chaidir Syam, meminta duta baca terplih serta Pengurus Daerah Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Maros memanfaatkan ruang baca perpustakaan ibu dan anak Kabupaten Maros sebagai pusat kegiatan masyarakat.“ Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial telah merubah mindset masyarakat terhadap perpustakaan yaitu tak sekadar tempat membaca buku, melainkan pusat kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat” kata Chaidir Syam, pada Acara Pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pembudayaan Minat Baca Kabupaten Maros dan Pengukuhan Duta Baca Maros Tahun 2024.

Menurut Chaidir Syam, pentingnya membaca buku di perpustakaan Ibu dan Anak Maros, selain katanya, hanya dengan membaca buku akan menambah wawasan dan pengetahuan, membaca buku juga menjadi alat untuk mencegah masyarakat mudah menjadi distributor informasi hoaks, apalagi terjebak dengan Pinjol ( Pinjaman Online). Karena itu, lanjut Chaidir Syam, dengan membaca buku yang rutin bisa menjadikan masyarakat menjadi masyarakat produktif.

Selain mengukuhkan Pengurus Daerah Gerakan Pembudayaan Minat Baca Kabupaten Maros dengan ketua Bachtiar Adnan Kusuma, Wakil Ketua Irham Bjiaksana, Sekretaris Fitriani, Wakil Sekretaris Achmad Takbir Abadi, Bendahara Akhmad Akbar Ramli dan pengurus lainnya, Chaidir Syam juga meluncurkan Motor Perpustakaan Keliling inisiatif Danramil Kecamatan Mandai, Mayor Inf TNI Dr. Khaidir Makassau, S.Pdi. kerjasama dengan Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Maros.

- Advertisement -

Sementara itu, duta baca Maros terpilih tahun 2024-2026 yaitu Juara 1 Rizka Aulia Sabila, Juara 2 M. Erlangga dan Juara 3 Annisa Aulia Maghfirah. Pemilihan Duta Baca Maros diselenggarakan Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Maros dengan ketua pelaksana Irham Bijaksana dan Tim Seleksi Bachtiar Adnan Kusuma (ketua), Nilma Maddi dan Irham Bijaksana (anggota). Para pemenang memeroleh piala, sertifikat dan uang tunai dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros. (Man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here