Capres Anies Rasyid Baswedan di Perkawinan Suri Adlina ( Nona Bintang ) dengan Jack Harrison ( Omar Rowe ) Bernuansa Budaya Minang

0
489
- Advertisement -

Kolom Fiam Mustamin

TIGA hal yang menarik perhatian dari resepsi perkawinan ini yang dihelat di Ballroom Ritz Carton Pacific Plaza, Jakarta, Minggu 11 Desember 2022.

Pertama, pernikahan itu menyatukan dua suku bangsa Indonesia dan Australia (Maaried Blue).

Kedua, rangkaian prosesi perkawinannya diselenggarakan dengan budaya Minangkabau, Sumatera Barat.

Ketiga, resepsi perkawinan itu dihadiri oleh sejumlah tokoh lintas profesi, selebritas dan Calon Presiden 2024, Anies Rasyid Baswedan ( ARB ) yang sedang dielukan dan disambut kehadirannya.

- Advertisement -

Datang lebih awal bertiga dengan dua putra (Nurfikri dan Akram) karena tiga prosesi adat sebelumnya yakni Pelamaran, Malam Bainei/Pacar dan Akad Nikah tidak sempat menghadirinya.

Undangan yang hadir diverifikasi ulang nama dan difoto, sudah klir baru diantar menuju ruangan. Tidak ada lagi cara konvensional dengan menulis nama di buku tamu.

Kehadiran tamu pun dibatasi dua orang saja mengingat pertimbangan antisipasi sebaran Covid 19 yang belum pulih sepenuhnya.

Saya sungguh tidak menyadarinya hal itu dan salah satu anak harus menunggu di luar ruangan.

Seketika itu datang H. Faidal Yuri Bintang saudara kandung bungsu pemangku hajat, menyadari saya membuat masalah melanggar aturan panitia dan meloloskan bertiga memasuki ruangan.

Di dalam ruangan belum banyak tamu yang datang, karena itu bisa memotret suasana ruangan yang bernuansa perhelatan budaya Minang dari ornamen pelaminannya dan instrumen musik tradisional Talempong.

Prosesi ke Pelaminan

PADA prosesi manten menuju pelaminan didahului dengan tarian penyambutan/pasembahan sekapur sirih dan tari piring yang begitu dinamis.

Suasana ini mengingatkan perkawinan putri saya yang kedua Siti Nurlaila dengan Indra Basmi yang juga nuansa budaya Minang dan sambutan Ilham Bintang mewakili keluarga.

Menunggu rangkaian undangan terakhir memberi ucapan selamat baru saya menyusul ke pelaminan untuk menyampaikan pesan-pesan budaya kepada mempelai ananda Jack dan Nona.

Dear Jack, I am Om Fiam, a part of Ilham Bintang family.

We are so glad now you become a part of us, the big family Arung Matoa Lord Wajo Bugis South Sulawesi.

I suggest you to visit there before go back to Australia, Ewako.

Saya memilih tidak menyampaikannya dalam bahasa Indonesia untuk mengukur bahwa suatu saat akan ke negeri itu.

Capres Anies di Tengah Kerumunan

SEJAK kedatangannya menjadi kerumunan undangan untuk mengabadikan foto bersama dengan Calon Presiden 2024 harapan rakyat.

Dengan penuh ketulusan senang hati, beliau merespon setiap orang yang datang untuk berfoto dan bersalaman dengannya.

Selama di acara itu saya juga ikut mengikutinya bersama saudara dan ponakan among tamu dan memberi kesempatan beliau duduk menyantap makanan yang dipilihnya.

Malam itu adalah suasana pembauran reunian kerabat dekat Ilham Bintang dengan para tokoh lintas profesi,
tokoh pers khususnya: Dahlan Ikhsan, Karni Ilyas, Agung Dharmaya (Ketua Dewan Pers), Atang Depari (Ketua PWI Pusat), Rosiana Sillalahi (Pemred Kompas TV) dan Rahma Sarita (presenter).

Ilham Bintang yang pemangku hajat adalah Ketua Dewan Kehormatan PWI.

Tokoh kritis seperti Rizal Ramli, Rocky Gerung, Muh Said Didu, Faisal Akbar dan Jumhur Hidayat.

Ada sejumlah Jenderal Purnawirawan: Chappy Hakim, Doni Monado, Agus Surya B, Dwi Priyatno dan Burhanuddin Andi.

Pengacara kondang OC Kaligis dan Henry Yosodiningrat. Sastrawan Asro Kamil dan Khairul Jasmi.

Mantan menteri Susi Pudjiastuti dan Saleh Husain.

Selebritas senior ternama di antaranya Yenni Rahman, Camelia Malik, Rina Hasyim, Yatie Pangky, Yessy Gusman, Ita Mustafa, Nurul Arifin, Vina Panduwinata, Baby Selvya, Cut Keke dan Bella Shafira.

Aktor Deddy Mizwar, El Manik, Achmad Albar, Rano Karno, Dwi Yan, Harri Capry, Dede Yusuf, Leroy Usmani, Hengky T, Dude Harlino, Anjas Asmara, Miing Bagito, Rico Tampaty dan Ferdi Hasan.

Dan hadir produser film dan sinetron senior antara lain Gope Samtani dan Raam Soraya.

Perhelatan putri bungsu H. Ilham Bintang dan Hj. Adesiarwati Tamin ini menjadi perekat kekerabatan dengan keluarga besar Geoffry Raymond Rowe dan Pauline Janet Rowe di Australia.

Selamat berbahagia.

Legolego Ciliwung 12 Desember 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here