BPN IKKG Gelar Halal Bihalal, Ketua Umum Awaluddin Tjalla: Kolaborasi Sinergi Masyarakat Gowa untuk Indonesia dan Dunia

0
980
- Advertisement -

PINISI.co.id- Badan Pengurus Nasional Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa (BPN IKKG), sebuah organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah bagi masyarakat Kabupaten Gowa yang merantau di luar wilayah Sulawesi Selatan, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri akan menggelar Halal Bihalal pada Minggu, 21 Mei 2023 mendatang di Aula Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Jakarta, Ampera, Jakarta Selatan.

Berdiri sejak 1976 di Jakarta, IKKG saat ini dipimpin oleh Prof. Awaluddin Tjalla Daeng Liwang sebagai Ketua Umum, menghimpun ribuan anggota yang tergabung di dalamnya baik di dalam dan di luar negeri, termasuk di antaranya warga Gowa di Afrika Selatan. Dari Afrika Selatan, acara ini akan dihadiri secara daring oleh kerabat dan keturunan dari Pahlawan Nasional Syekh Yusuf Al Makassari. Akan hadir pula keluarga dan kerabat Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin Raja Gowa ke-16.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan soliditas keluarga dan masyarakat Gowa yang berada di Jabodetabek dan di berbagai daerah serta di belahan dunia lainnya karena digelar secara hybrid (luring dan daring). Halal Bihalal memperkuat sinergi dengan berbagai pihak sebagai bagian dari dinamika sosial dan kemasyarakatan juga pemerintahan di masing-masing wilayah domisili.

“Bulan Ramadan telah berlalu; memberikan kesan dan pesan religius yang sangat mendalam, dilaksanakan sebagai sebuah kewajiban tanpa pandang bulu. Tibalah saatnya bagi warga Gowa di mana pun berada untuk saling memaafkan tanpa terkecuali, tanpa batas dan wilayah dalam Temu Kangen dan Halalbihalal 1444 H/2023 M dengan tema ‘Soliditas dan Sinergitas Untuk Kemaslahatan Bersama,” kata Tjalla.

Tjalla mengharapkan halalbihalal dapat menjadi kesempatan baik untuk silaturahmi keluarga besar IKKG yang saat ini mengabdi lewat berbagai jalur pengabdian, termasuk Ananda Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa yang masih relatif muda. Juga berbagai anak muda pemimpin masa kini dan masa depan.

- Advertisement -

Halal Bihalal BPN IKKG tahun ini menunjuk generasi milenial M. Arief Rosyid Hasan Daeng Mattawang sebagai Ketua Panitia Pelaksana.

“Alhamdulillah, Ikatan Kerukunan Keluarga Gowa ini isinya beragam, lintas latar belakang, lintas generasi pula. Kami berbangga hati bahwa saat ini, ananda kami, Arief Rosyid mengambil bagian dalam kegiatan ini sebagai Ketua Panitia Pelaksana. Di mana pun kita bergerak, para senior ini harus memberikan ruang gerak bagi anak-anak muda dan menaruh perhatian khusus dalam hal regenerasi,” imbuh Tjalla.

Selain Ananda Arief Rosyid, Ketua Umum DPP IMM periode 2021-2023 Abdul Musyawir Yahya turut berpartisipasi dalam acara ini sebagai pembawa hikmah. Sudah saatnya yang muda yang tampil dan memimpin. Insya Allah di bawah komando Ananda Arief Rosyid, acara hari Minggu nanti (21 Mei 2023) diberikan kelancaran dan bisa menjadi manfaat bagi siapa saja yang hadir,” tambah pria yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta ini.

M. Arief Rosyid Hasan, yang merupakan Ketua Umum PB HMI periode 2013-2015, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para senior, serta melaporkan bahwa persiapan acara ini berjalan dengan sangat lancar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Daeng Liwang selaku Ketua Umum BPN IKKG yang telah memberikan ruang untuk keterlibatan pemuda dalam berbagai kesempatan, terkhusus bagi saya untuk memimpin Halal Bihalal BPN IKKG tahun ini,” ucap Rosyid.

Menurut Rosyid, sinergi keluarga besar masyarakat Gowa di seluruh Indonesia dan dunia ini harus menjadi teladan dalam hal agenda kemaslahatan umat, bangsa, dan negara secara inklusif dan kolektif,” ucap pria yang juga merupakan Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia.

“Kami mengundang para Daeng dan Puang serta saudara-saudari dari Gowa yang berada di wilayah Jabodetabek untuk hadir secara langsung dan warga Gowa di berbagai belahan dunia untuk hadir secara daring dalam Halal Bihalal 1444 H. Insya Allah niatan baik kita untuk bersilaturahmi dan bersinergi untuk kemaslahatan mendapatkan ridho Allah SWT,” ajaknya. (Sol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here