BAK Tegaskan Peran Orangtua sebagai Provider Literasi dalam Keluarga Islam

0
47

PINISI.co.id- Tokoh literasi Sulawesi Selatan Bachtiar Adnan Kusuma (BAK) bersama Rektor UIM Dr.Ir.Hj.Andi Majdah M Zain, M.Si., Ketua IPI Sulsel Dr.Quraisy Mathar, M.Hum., membedah keluarga Islam dalam Talkshow yang bertajuk” Orang Tua Hebat, Anak Super Cerdas Literasi, dengan Host Safira Devi Amora, Kamis (10/6/2021) di LPMP Sulsel dibuka Dr.H.Abubakar Wasahua, M.H., ketua Parmusi Sulsel.

Menurut BAK, peranan orang tua sangat penting dalam perkembangan anak mulai dari kecil, dimana orang tua terutama ibu harus selalu siap menjawab semua apa yg ditanyakan oleh anaknya, makanya itu alasan ibu jadi hebat dengan banyak belajar lewat banyak membaca buku karena bukan saja orang tua saja yang menginginkan anaknya hebat. Tapi anak juga menginginkan terlahir dari orang tua hebat.

“Menjadi orang tua hebat tidak harus tinggi jabatan atau memperoleh titel berjejer tapi orang tua hebat itu adalah yang mampu mengantar anaknya jadi orang hebat,” kata BAK.

- Advertisement -

Karena itu, motivator dan Pembelajar parenting ini, mempertegas gambaran orang tua hebat terletak dari anak yang telah dididik dibesarkan yang telah menjadi orang hebat. Karena itu, BAK mempertegas fungsi literasi orang dalam keluarga selain sebagai provider sebagai penyedia fasilitas dan kebutuhan membaca keluarga di rumah, orang tua juga menjadi inspirator bagi anak-anaknya untuk mencintai membaca buku di rumah.” Contoh dan keteladanan orang tua sangat menentukan menjadi virus membaca dalam setiap keluarga.

Selain itu, orang tua sebagai decesion maker, pengambil dan pembuat kebijakan terhadap kebutuhan literasi dalam keluarga. “Orang tua berperan sebagai protector yaitu sebagai pelindung dan pengawas dalam menggerakkan budaya membaca di dalam keluarga,” kunci Ketua Komite SDN Inpres Maccini Sombala 1 ini. (Van)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here